Kamis, 14 Februari 2013

Makanan Penurun Kolesterol Jahat


Meningkatnya masyarakat yang terkena penyakit akibat kolesterol menyebabkan kebutuhan akan obat juga meningkat. Biaya pengobatan yang mahal mendorong masyarakat untuk aktif mencegah sejak dini. Untuk mendukung hal tersebut, masyarakat bisa melakukan mulai dari hal yang sederhana seperti mengonsumsi bahan pangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahan pangan tersebut antara lain :

1.   Kacang-kacangan


Kacang-kacangan baik untuk jantung Anda. Setiap porsi kacang mengandung serat yang tinggi, yang mampu mengurangi kolesterol jahat  atau LDL. Kacang-kacangan juga  membantu memberikan perasaan puas (kenyang)  setelah Anda makan. Bahkan, sebuah penelitian dari Arizona State University pada tahun 2008 menemukan bahwa peserta studi yang mengonsumsi setengah cangkir kacang per hari, selama perjalanan 24-minggu, menurunkan kolesterol mereka  8 persen.

2. Minyak Zaitun


Salah satu cara mudah untuk menyapu lemak jenuh yang mengancam kesehatan jantung adalah dengan menggunakan satu sendok teh minyak zaitun.  Sebagai alternatif pengganti  sesendok mentega untuk keperluan makanan Anda. Minyak zaitun akan meningkatkan HDL, atau kolesterol baik.

3.  Ikan

Ikan lau terutama salmon, tuna , dan sarden merupakan ikan yang baik untuk menaikan kolesterol baik . Mengonsumsi berbagai jenis ikan selin memenuhi kebutuhan gizi juga akan meningkatka kualitas hidup Anda. Untuk ikan jenis tertentu seperti salmon dan tuna kaya akan omega 3 yang baik untuk jantung Anda.

4.   Gandum


Gandum adalah bahan pangan yang baik untuk kesehatan. Alasannya adalah bahwa semangkuk gandum setiap pagi merupakan sumber yang kaya serat, yang membantu menjaga tubuh Anda langsing, membantu pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Almond


Almond atau masyarakat Indonesia biasa menemukan dalam makanan coklat, ternyata baik untuk kesehatan. Tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini, berdasarkan penelitian, diketahui mengandung minyak sebanyak 49% yang terdiri dari asam omega-9, asam omega-6, asam palmiat, oleum amigdalae dan lain-lain. Selain minyak tadi, almond juga memiliki kandungan seperti karbohidrat, serat, gula, vitamin E, asam lemak tak jenuh, vitamin B dan C, kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium dan juga magnesium.

6. Anggur Merah


Anggur merah kaya akan antioksidan. Katanya menurut penelitian di Universitas Harvard, seseorang yang meminum satu gelas anggur merah setiap hari kadar LDL nya menurun.

7. Teh Hijau


Manfaat teh hijau begitu besar. Kesegarannya memang menggiurkan untuk dinikmati. Selain karena kesegarannya, teh hijau kaya akan anti oksidan yang membantu mengurangi penyakit kanker, dan mengatur kadar glukosa bagi penderita diabetes.

Selain itu mengonsumsi teh hijau secara rutin dipercaya mampu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. 

8. Strawberry



Siapa sih yang tidak suka dengan strawberry. Selain rasanya yang nikmat strawberry juga kaya akan manfaat. Kandungan strawbery kaya akan pektin, yaitu serat larut yang mampu mengurangi kadar kolesterol.

9. Avocado



Alpukat memiliki banyak manfaat. Selain sebagai penghalus kulit, alpukat mampu untuk mengurangi kadar LDL dalam tubuh.

10. Kedelai


Kedelai kaya akan protein. Selain itu kedelai mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik.


=======================
Sumber photo : shutterstock.com
Sumber isi : Diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo