Jumat, 16 Desember 2011

Pencarian Sumber Energi Baru dan Terbaharukan


Penggunaan Minyak bumi  oleh sebagian besar penduduk bumi telah megakibatkan jumlah cadangan minyak bumi semakin menipis. Pertumbuhan kendaraan bermesin yang sangat tinggi menjadikan pertumbuhan penggunaan bahan bakar mesin juga meningkat. Masalah seperti ini terus akan berlangsung pada tahun-tahun yang akan datang.

Kelangkaan minyak tanah telah terjadi dimana-mana. Pertumbuhan penduduk yang semakin besar telah menyebabkan penggunaaan energy untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan industry  semakin besar. Cadangan yang semakin menipis tersebut telah mnyebabkan harganya pun menjadi mahal. Hal ini akan menyebabkan jumlah subsidi untuk minyak bumi akan semakin besar. Padahal akan lebih baik jika uang subsidi  BBM tersebut diberikan untuk membangun kesejahteraan rakyak miskin. Tentu akan banyak rakyat Indonesia yang terbantu dengan program tersebut.
Jatropa plant sebagai salah satu sumber bahan bakar alternatif

Kelangkaan minyak tanah tersebut telah menyebabkan sebagian besar rumah tangga dan industry di Indonesia kesulitan untuk melakukan aktifitasnya. Banyak dari rumah tangga yang beralih ke kayu bakar untuk memasak. Akhirnya masalah lain pun muncul yakni penebangan pohon untuk kayu bakar semakin marak. Program penghijauan yang digalakan pemerintah terancam oleh penebangan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan kayu bakar.

Dari pihak industry juga mengalami dampak dari kelangkaan minyak tanah tersebut. Banyak dari industry yang menggantungkan dari  minyak tanah telah mengalami kerugian yang besar. Hal ini dikarenakan mereka tidak lagi mampu berproduksi karena kekurangan bahan bakar. Hal ini akan menyebabkan kerugian baik pihak pengusaha maupun para pekerja yang menggantungkan hidupnya dari industry tersebut.

Sekarang saatnya dicari solusi untuk mengatasi berbagai krisis energy terutama minyak tanah. Minyak tanah sebagai bahan bakar yang tidak bisa diperbaharui harus dicarikan pelengkap agar pilihan masyarakat untuk memilih bahan bakar menjadi banyak. Salah satunya yaitu dengan penggunaan biokerosin dari biji buah mimba. Diversifikasi ini bertujuan untuk mengatasi dampak negative dari kelangkaan salah satu bahan bakar. Sehingga masyarakat tidak mengalami kerugian yang besar.

Atau bisa mungkin dicari buah dari tanaman yang bisa menghasilkan minyak bahan nabati dengan kualitas yang baik. Perencanaan untuk penelitian mengenai bahan bakar nabati sedapat mungkin sekarang harus menjadi prioritas dari pihak institusi yang memiliki kepentingan untuk pengembangan energi alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo