Sabtu, 22 Januari 2011

Peringkat Webometric Universitas di Indonesia Semester 1 2011 / Webometrics (Peringkat Populer Web Universitas di Indonesia)

Sistem pemeringkatan perguruan tinggi oleh Webometrics dan 4ICU merupakan sistem pemeringkatan popularitas Perguruan Tinggi di dunia Internet. Meski berdasarkan popularitas di Internet, metode pemeringkatan ini dinilai cukup berkaitan dengan kiprah akademik PT tersebut karena kontribusinya ke publik.
Untuk Indonesia posisi semester pertama 2011 ditempati UGM, disusul UI dan ITB.Sedang semester kedua Klik disini.
Lembaga 4ICU ini melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu Google Pagerank, inbound link Yahoo!, dan web traffic berdasarkan Alexa.
Berikut daftar 100 besar perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar 4ICU:

Rank of Universities of Indonesia





POSITION


WORLD RANK UNIVERSITY  SIZE  VISIBILITY  RICH FILES  SCHOLAR






















































UGM Peringkat 7 Asia Tenggara,Teratas di Indonesia

UGM Peringkat 7 Asia Tenggara,Teratas di Indonesia Kabar gembira untuk UGM! Tahun ini, UGM menempati peringkat 7 dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik Asia Tenggara versi Webometrics edisi Januari 2011. Posisi ini meningkat dari pada tahun lalu yang berada di urutan ke-8. Dalam daftar 100 terbaik Asia Tenggara, tercatat 29 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk peringkat. Dua perguruan tinggi yang menyusul di bawah UGM ialah UI di peringkat 8 dan ITB di posisi 15. Kali ini, peringkat teratas Asia Tenggara diduduki oleh National University of Singapore.


Untuk tingkat Asia, perguruan tinggi yang menempati posisi teratas adalah National Taiwan University, sedangkan terbaik dunia adalah Massachusetts Institute of Technology. Sementara itu, UGM untuk tingkat Asia berada pada peringkat 69, sedangkan untuk peringkat dunia ada di posisi 593.


Yang tidak kalah menggembirakan adalah untuk terbaik Indonesia, UGM kembali berada di peringkat pertama setelah tiga tahun sebelumnya juga berada pada posisi teratas. “Tahun ini, UGM kembali meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics. Posisi teratas di Indonesia bagi UGM ini sama dengan yang dicapainya pada Webometrics edisi Januari 2010, demikian pula sepanjang tahun 2008 dan 2009 yang lalu,” kata Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Drs. Suryo Baskoro, M.S., di kampus UGM, Jumat (4/2).


Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun, yakni Januari dan Juli, mengeluarkan daftar peringkat. Penghitungan peringkat Webometrics didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Penilaian diukur dari empat indikator, yakni size (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi), visibility (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai), rich files (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut), dan scholar (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi). Data yang dikumpulkan diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.
Menurut Suryo, capaian yang telah diraih UGM membuktikan publikasi elektronik di domain ugm.ac.id dinilai sebagai yang paling komprehensif dan terkaya di negeri ini. "Meskipun hal ini patut disyukuri, namun peringkat tersebut bukanlah tujuan UGM. Upaya-upaya yang dilakukan UGM untuk meningkatkan kualitas segala aspek kehidupan kampus sesuai dengan visi UGM adalah demi pengabdian untuk kepentingan dan kemakmuran bangsa," pungkasnya. (Humas UGM/Ika) ugm.ac,id



Top South East Asia






POSITION



CONTINENT RANK
UNIVERSITY
COUNTRY
WORLD RANK
 SIZE  VISIBILITY RICH FILES SCHOLAR



































































































3 komentar:

  1. kampusku ugm memang mantap.jangan tinggi hati tetap menjadi kampus kerakyatan

    BalasHapus
  2. I want you to thank for your time of this wonderful read!!! I definately enjoy every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff of your blog a must read blog!data science malaysia
    360DigiTMG

    BalasHapus
  3. I see the greatest contents on your blog and I extremely love reading them.
    cyber security course

    BalasHapus

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo