Kamis, 04 Oktober 2012

Eksploitasi Pada Manula "Gambar Manula dengan Sikap yang Aneh"

Akhir-akhir ini, fotografi banyak menampilkan eksploitasi terhadap kaum manula. Misalnya, seorang nenek yang sedang naik motor, nenek yang sedang memegang senjata, nenek yang bergaya dengan kacamata, nenek yang memegang minuman beralkohol, dan sebagainya.

Menurut etika, nenek/kakek yang sudah tua semestinya dilindungi. Penyampaian informasi melalui media foto dianggap mewakili dunia yang serba terbalik. Dalam dunia modern, teknologi memegang peranan yang besar dalam pembentukan opini masyarakat.   Ia mengabaikan aspek privasi kaum manula.  Keluar dari aspek hiburan, gambar nenek/kakek yang sedang bergaya atau yang umum disebut dengan manula perlu diluruskan kembali agar kembali pada khitahnya. Karena, mereka membutuhakan dukungan pada saat menginjak umur tua.

Bagi orang yang menikmati, foto-foto tersebut dianggap memberi kenikmatan berupa kelucuan. Susahnya hidup di jaman modern, masyarakat mencari sensasi baru dengan melihat-gambar-gambar yang tidak lazim. Kebosanan dengan hal yang biasa turut memberi andil pada keberterimaan masyarakat terhadap gambar-gambar yang tak lazim tersebut. Ditunjang dengan majunya dunia teknologi informasi, orang gampang membuat/ mengedit gambar untuk dibuat sesuka hati.

Tahukah bahwa, Nenek seharusnya diberikan tempat terhormat bukan untuk dieksploitasi. Bagaimana jika hal tersebut menimpa kita nanti. Kita belum merasakan dari tindakan mengeksploitasi gambar tersebut. Adakalanya, kita belajar empati dengan sesama, terutama para manula. Bisa jadi, nenek tersebut tidak tahu mengenai maksud dari pembuatan gambar tersebut. Ada seorang yang iseng, mungkin saat mengajak nenek untuk foto maksudnya tidak diberitahu. Yang jelas, nenek tersebut  ditipu saat sedang akan diambil gambarnya oleh seseorang.



Sumber gambar :
facebook.com
http://www.forumsatelit.com
kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

No Porn, Racism, Sadism