Kamis, 13 November 2008

DAMPAK TEKNOLOGI PADA KEHIDUPAN SOSIAL



DAMPAK SOSIAL DARI TEKNOLOGI MODERN
Pada artikel ini teknologi merupakan suatu proses sosial dengan teknik yang tepat yang diperoleh dari faktor terpisah. Kami tidak akan berbicara mengenai efek teknologi pada indifidu. Karena mereka    sudah menjadi bagian yang sudah menyatu dengan teknologi. Tidak hanya efek bagi penemu atau para teknisi teknologi tetapi lebih luas lagi yaitu dunia sosial. Teknologi adalah suatu mode of production. Pada yang sama keberadaan teknologi telah merubah hubungan-hubungan social, yang digunakan untuk mengontrol dan mendominasi dari yang lain.
Teknik dengan sendirinya telah mampu menciptakan otoritarian sebaik kebebasan, bila ada kekurangan agar segera untuk mencapai kecukupan. Golongan sosialis nasional memberikan contoh dari sebuah rasional dan mekanisme ekonomi dengan sangat efisien dalam berproduksi yang dapat memunculkan kepentingan yang totaliter untuk meneruskan ketiadaan tanpa ada usaha untuk mengubah keadaan menjadi lebih bak. Negara dunia ketiga menggunakan teknologi untuk meningkatkan keuntungan dan kesejahteraaan dengan menghilangkan standar yang bersifat tradisional. Di Negara sosialis seperti Rusia, pemerintahnya tidak   mengintervensi begitu saja setiap teknologi yang masuk dari luar, tetapi memilih mana yang berperan untuk meningkatkan kemampuan para pekerja, pempropaganda, para kaum muda, pekerja organisasi pemerintah, industri, dan anggota partai birokrasi yang kesemuanya telah diatur dalam konstitusi Negara tersebut untuk mengikuti pada garis teknologi yang efisien. Teknokrasi teroristik tidak dapat disebut sebagai sebuah symbol dari persyaratan perang dalam arti ekonomi. Perang ekonomi merupakan hal yang normal pada dunia liberal daripada sebuah Negara sosialis, karena menawarkan proses social dan ekonomi. Syaratnya yaitu perang ini harus menggunakan teknologi sebagai stimulannya.
Dari teknologi akan mengalir sebuah rasionalitas yuang baru dan standar hidup yang baru bagi individu dan ini akan menyebar masuk kedalam komunitas, berbeda dari dari negara yang tidak menggunakan teknologi . Perubahannya bukan efek langsung dari penggunaan mesin atau menggunakan produksi yang besar kepada konsumen. Mereka jarang memilih factor yang determinan pada perkembangan mesin dan produksi masa. Oleh karena itu untuk mengerti masuknya teknologi, perlu survey maupun penelitian yang lainnya supaya kita tahu apakah teknologi benar-benar masuk dan dibutuhkan oleh masyarakat serta berdampak pada penyelesaian masalah-masalah didalam masyarakat menjadi mudah untuk dipecahkan.
Prinsip dari setiap individual yaitu pencarian kepentingan pribadi dengan pandangan bahwa diri pribadi telah memasuki tahap rasional. Yaitu merupakan hasil dari berpikir yang otonom.
Prinsip dari efisien yang konpentitif yaitu suatu mekanisme yang mengandalkan pada rasional yang berujung pada suatu perlengkapan yang berteknologi tinggi. Kekuatan dari teknologi yaitu kekuatan pada kemampuan untuk mengumpulakan modal dan menghasilakan barang-barang yang berkualitas serta para pemilik factor tersebut dengan mudahnya untuk mengontrol hal tersebut, barang dengan mudah dapat didistribusikan mulai dari hal yang kecil menuju pada hal yang lebih besar.
Dan teknologi dengan sendirinya mampu meningkatkan kemampuan para professional dengan cara membuat teknologi-teknologi yang lebih baru lagi, menghasilkan produk efisien, sesuatu yang memudahkan, ini semua disebut dengan radikal koordinasi. Kontradisi ini tetap ada, tetapi keuntungan dengan menjaga alat, melewati kenaikan standar hidup, pada yang sama akan membuat sesuatunya akan menjadi mungkin. Ketika kontrol diantara produkdsi berada ditangan para professional untuk menghasilkan keuntungan. Mereka akan mendapat keuntungan setelah dipotong pajak, upah pekerja, dan biaya produksi yang lainnya.
Dampak dari perlengkapan teknologi tersebut yakni, rasional individualistic masuk kedalam teknologi yang rasional. Ini bukan suatu arti dari subjek dan objek dari skala perusahaan, tetapi lebih karena adanya suatu protes dan ketidak nyamannan suasaana. Rasional ini dibangun dari standar keadilan yang mana membuat manusia siap untuk menerima dan masuk kedalamnya untuk menerima teknologi.
Mayoritas penduduk bertindak dengan kebebasan dalam melakukan tindakan ekonomi, telah menjadi suatu bagian dari efisiensi dari pelayanan ekonomi yang sudah melekat dari masyarakat. Dunia telah menjadi rasional dan dari rasional ini  menjadi suatu kekuatan sosial dimana ada berbagai persyaratan yang dipenuhi untuk itu. Dengan cara menurunkan materi baru dari suatu proses produksi yaitu darimana mesin ini diturunkan kedalam masyarakat. Dan bagaimana memulai untuk berproduksi dan mampu untuk berdampak bagi efisiensi produksi.
Suatu bagian dari produksi membutuhkan para asisten, tugas tersebut yaitu untuk menjaga jalannya proses produksi dari mesin dan memantau dari pekerja lain yang tengah bekerja, serta membantu dari para pekerja yang tidak bisa bekerja secara sempurna. Dengan kata lain mesin membantu para pekerja. Mesin yang ideal yakni yak dapat bekerja secara otomatis. Operasi dari mesin membutuhakan suatu pengetahuan yang dapat mudah dimengerti oleh penggunanya. Para pekerja harus memiliki kemampuan intelektual maupun spiritual, tingkah laku tidak dibatasi pada proses operasuinal mesin; dibawah bentuk dari produksi sosial manusia akan memperoleh keadilan dari motif dan tujuan yang telah direncanakan, fakta dibuat dari realitas  dan mereka melakukannya pada tahap yang bersifat philosofis. Fakta gambaran materialisme dan hedonisme, telah merespon dari perjuangan dari bentuk pengetahuan modern, juga tekanan spiritual dan revolusi pencerahan rasional. Tingkah laku yang berbeda dari rasional yang tinggi. Fakta bahwa manusia tersentuh dalam hal yang bersifat alami dan harus diterima menjadi sesuatu yang penting. Atau lingkungan sosial mana yang harus dirubah karena mereka tidak menanggapi keinginan dari potensi yang dimiliki oleh manusia mirip seperti proses mesin yang merupakan perwujudan dari kebanyakan rasional.
Memanipulasi mesin dimaksudkan agar manusia dapat belajar agar bisa mengendalikan dan pada ahirnya mesin akan membuahkan hasil. Identik dengan pengaturan alat, tidak ada ruang yang berdiri sendiri. Rasional dari individu telah membangun hubungan efisiensi agar pada ahirnya bisa memberi maksud. Ahir-ahir ini telah banyak masyarakat yang telah menyerap dari konsep liberal, dan variasi fungsional dari alasan tersebut telah menutupi kondisi dari perawatan alat. Penemuan-penemuan digunakan untuk menunjang bisnis, dan selanjutnya digunakan untuk meningkatkan kewajiban-kewajiban mereka diluar berkonpentisi namun tidak secara alami, dan setiap kemajuan diperoleh karena adanya konpetitor, dan hal tersebut dilakukan karena menjadi sebuah kebutuhan agar tidak kalah dengan yang lainnya. Jadi dapat samakan  demikian, pada sistem monopoli  penemuan adalah suatu keharusan karena merupakan sumber dari sistem ini.
Setiap kerja sama mengarahkan pada insting manusia  bermaksud untuk membuat saluran bagi penghidupan agar terus berlanjut. Ekonomi yang dominan dan organisasi sosial tidak dapat menjamin mereka dari pengaruh-pengaruh luar, mereka melakukan suatu hubungan-hubungan tertentu untuk mengenali mereka sendiri apakah ada kesetiaan dan loyalitas diantara mereka. Hubungan diantara orang-perorang adalah untuk meningkatan kemampuan mereka terhadap pengendalian terhadap mesin. Tetapi alat mekanik juga menyerap dan menghalangi libido mereka, oleh karena itu penyatuan ini berbahaya dimana individu adalah mahluk yang bebas, dari lingkungan sosial. Kebanyakan orang dengan keras agar hidup mereka terjaga dari berbagai ancaman dengan menunjukan ini mobil mereka. Mesin adalah sebuah benda mati namun dianggap sama seperti manusia. Dan ini memberi umpan balik kepada manusia apa yang menjadi kepunyaan dari alat sosial. Tingkah laku manusia dibebaskan dengan rasionalitas dari proses mesin, dan rasionalitas ini memberi isi dari kehidupan sosial. Operasi dari mesin mengikuti hukum fisika. Tetapi ini seperti operasi menurut produksi besar, alasan kelayakan dari penggunaan mesin agar dapat memenuhi target waktu yang sama. Kelayakan dari efisiensi yaitu jika dapat memberikan keuntungan dan rasionalitas pada saat yang sama terkonsentrasi pada standar monopoli. Individu yang rasional akan menyenangi pekerjaan yang rasional pula, mereka juga menyerah pada sesuatu yang rasional pula. Mereka kehilangan kemampuan untuk mengabstraksikan dari bentuk yang spesial ketika rasionalitas membawa dan menghilangkan kesetiaan pada potensi yang tidak terpenuhi. Fakta ini membuat kepercayaan tidak berarti pada nilai yang telah melewati pandangan mereka, mereka mersa tersinggung seolah-olah seperti personal dan interpretasinya metapisik atau mengada-ada tanpa ada buknti yang nyata. Kecurigaan ini terjadi pada semua standar yang terkait dan dapat dilihat dari semua alat yang bersifat rasional, sampai pada kebebasan yang sifatnya rasional. Semua tingkah laku tersebut yaitu untuk melayani dengan baik  dan menarik untuk mengalahkan dari dominasi yang lebih besar dari sesuatu yang nyata. Proses dari suatu mesin dibuhkan suatu latihan yang konsisten untuk mengerti tentang sesuatu dari nya. Dan latihan ini membutuhkan dukungan waktu dari jadwal hidup. Derajat latihan membutuhkan strategi, dengan bersikap dan dapat mengatur waktu serta mampu untuk beradaptasi. Persesuaian mekanik menyebar dari teknologi kepada kebutuhan sosial bukan hanya kebutuhan akan pabrik dan toko, tetapi juga pada kantor, sekolah, rapat dan pada ahirnya akan terwujud relaksasi dan hiburan bagi individu. Jika hanya mementingkan pada produksi mesin-mesin berarti telah memiliki sikap yang mementingkan diri sendiri. Tidak dari paksaan dari luar tetapi oleh rasional yang dibawa mereka dalam hidup. Phsykologi industri membenarkan asumsi bahwa perubahan manusia adalah perbaikan tingkah laku emosi dan tidak terpengaruh oleh reaksi yang ada. Dibenarkan bahwa pengaruh luar terhadap perubahan manusia. Proses dari operasi mesin menjadikan manusia memiliki tingkah laku layaknya mesin, dan menjadi lebih konpetitif. Efisiensi adalah salah satu pengaruh kecil yang diakibatkan oleh mesin ini dan menjadikan manusia bersaing dengan manusia lainnya. Tetapi manusia yang tidak berpengalaman akan kehilangan kebebasan dalam bekerja dan memiliki sifat bermusuhan dengan orang luar. Mereka dapat kebebasan dengan menyatakan pendapat mereka sendiri dengan cara-cara yang dibenarkan oleh aturan. Poin ini mesin adalah alat untuk mengatur indifidu agar mampu beradaptasi dengan keadaan yang rasional, bukan dengan yang tidak rasional seperti protes yang menyebabkan kerusuhan. Sistem kehidupan diciptakan dari sistem industri adalah suatu yang layak, karena sistem ini telah membebaskan dari kesulitan dan juga lebih efisien. Alasan ini diartikan dengan memiliki kesamaan dengan aktivitas yang berhubungan dengan dunia ini. Tingkah laku rasional menjadi identik dengan sebuah fakta dimana mengajarkan bagaimana caranya bersikap dan bertanggung jawab terhadap perbuatan kita sendiri setelah mendapatkan  tekanan hidup yang besar.
Sebuah ide yang harus tunduk pada efisiensi menggambarkan struktur yang telah temakan isu rasional. Rasionalitas adalah sebuah transformasi dari sebuah kritik kedalam salah satu pembenaran dan kepatuhan. Otonomi dari sebuah alasan yang hilang adalah interpretasi kita terhadap sentuhan perasaan dan tindakan dari bentuk manusia terhadap alat-alat yang mereka ciptakan sendiri. Alasan dibangun rasionalitas  menjadi kuburan dari sistem kontrol yang telah baku dari konsumsi dan produksi. Ini telah melewarti diluar hukum dan mekanisme dari kelayakan efisiensi dan kecocokan dari sistem ini.

 DAFTAR PUSTAKA : -HERBERT MARCUSE,..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo