Kamis, 14 Januari 2010

Internet Tidak Netral Nilai


Internet bukanlah suatu teknologi yang netral. Ia menjelma menjadi candu social yang mengakibatkan masyarakat menjadi sebuah robot yang dikendalikan oleh sesuatu yang lebih besar. Sesuatu tersebut yaitu korporasi-korporasi besar yang berada dibalik situs internet yang telah ada selama ini. masyarakat hanya sebagai konsumen dari berbagai macam produk internet.
Tanpa disadari ternyata internet juga telah memunculkan sebuah dominasi baru. Dominasi yang dulu oleh gramci digambarkan dengan Negara yang memiliki kekuasaan penuh. Tetapi dominasi sekarang ini adalah sebuah dominasi yang dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi melalui internet. Ada beberapa macam situs yang menjadi penguasa alam jagad dunia maya, situs tersebut antara lain seperti yang berada di table berikut ini.
Seperti kita ketahui ada beberapa macam situs yang menjadi trand bagi ibu rumah tangga. Situs tersebut antara lain yaitu Facebook.com. orang akan lupa waktu jika sudah membuka situs tersebut. situs tersebut menawarkan sebuah alternative pertemanan lewat dunia maya. Didalam situs terebut juga terdapat berbagai macam fitur yang sangat menarik untuk ibu rumah tangga. Ekspresi hati bisa diungkapkan didalam situs tersebut. orang tidak hanya bisa menulis ungkapan hati saja tetapi juga bisa ikut mengomentari dari ungkapan hati orang lain yang diekspresikan lewat dinding Facebook.
Menghabiskan banyak waktu untuk mengetahui update status orang lain dalam Facebok, menjadikan seseorang lupa akan pekerjaannya apakah itu sebagai seorang ibu rumah tangga atau seseorang yang tengah bekerja pada suatu kantor atau perusahaan yang menjadikan efektifitas waktunya bisa dipertanyakan. Ada sebuah kasus dimana ada seorang anak yang meninggal karena terjatuh dari sebuah gedung. Dimana pada saat kejadian ibu dari anak tersebut tengah asyik bermain internet. Kejadian tersebut telah menjadi bukti bahwa lemahnya pengawasan dari orang tua telah mengakibatkan hilangnya sebuah nyawa. Mungkin hal tersebut akan bisa dihindari tatkala seseorang bisa mengatur kapan waktu terbaik untuk melakukan sesuatu apakah itu bermain internet untuk kesenangan atau kapan untuk bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo