Selasa, 10 April 2012

Trio Macan Plagiat Terhadap Lagu Campur Sari

Lagu Trio Macan yang akhir-akhir ini terkenal yang berjudul "iwak peyek" menimbulkan kontroversi. Setelah Rhoma Irama dengan nada tegas dalam sebuah acara televisi mengecam penampilan Trio Macan yang dianggap telah menyudutkan musik dangdut konvensional, sekarang Trio Macam dikecam dengan serangkaian tindakan plagiat alias nyuri-nyuri ide.


Betapa tidak lagu "iwak peyek' yang membuat Trio Macan menjadi terkenal. Lagu tersebut  sebelumnya di Jawa Timur sudah terkenal lebih dulu karena merupakan lagu untuk supporter sepak bola Bonek. Dari lagu supporter sepak bola tersebut kemudian hanya diubah liriknya saja tetapi lagu hampir persis dengan lagu miliki supporter maupun ada tambahan lagu campursari. 


Bukan hanya mirip dengan lagunya Bonek Salah satu grup grup band Oi Punk asal Inggris, Cock Sparrer, terlebih dulu menyanyikan sebuah lagu yang mirip dengan Iwak Peyek , lagu itu berjudul Take 'Em All. Lagu tersebut telah dirilis tahun 1983, lebih jauh ketimbang  Arek Band maupun Trio Macan berdiri.


Aja Juga lagu campur sari yang telah dinyanyikan oleh Didi Kempot yang berjudul "plong"  yang bagiannya ada yang mirip dengan lagu "iwak peyek". 



Lagu "plong" milik Didi Kempot, Coba bandingkan



Bandingkan juga dengan lagu supporter Ollympiakos



Bandingkan juga dengan lagu dari Oi Punk asal Inggris, Cock Sparrer



Dunia musik tidak lepas dari fenomena plagiat diantara para pekerjanya. Hampir dari dulu sampai sekarang plagiat dalam dunia musik  selalu ada. Misalnya saja grup band asal Inggris "Cold Play" juga pernah dituduh berbuat plagiat yaitu lagu 'viva lavida" dianggap meniru salah satu lagu dari Amerika Latin. Kalau diluar saja ada  lagu yang dinggap plagiat apalagi di Indonesia yang nilai-nilai intelektual belum dihargai sudah pasti akan lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo