Kamis, 10 Mei 2012

Sukhoi Super Jet 100 Jatuh di Indonesia

Lagi-lagi terjadi kecelakaan pesawat (9/5/2012, 14:30). Pesawat Rusia "Sukhoi" kini mengalami nasib apes. Entah karena human error atau karena masalah alam yang tidak bersahabat kita tunggu dari pihak terkait. Rusia walaupun menjadi negara super power tetapi kalau dalam hal kecelakaan pesawat tidak mau kalah dengan banyaknya jumlah kecelakaan pesawat seperti di  Indonesia.

Dengan banyaknya pesawat Rusia yang jatuh akan memperburuk citra penerbangan Rusia yang tidak aman. Hal ini akan berdampak pada jumlah pesanan pesawat SSJ 100 yang terus menurun. Dari data tulisan ini dibuat SSJ 100 telah dipesan sebanyak 170 buah pesawat antara lain Blue Panorama Airlines (Italia) memesan 12 pesawat, Interjet (Meksiko) telah memesan 15 unit, Kartika Airlines (Indonesia) memesan 30 unit, Sky Aviation (Indonesia) memesan 12 unit. Harga jual untuk satu unit pesawat SSJ 100 ini dengan harga antara 30 hingga 35 juta dollar AS.

Aspek alam kemungkinan besar menjadi penyebab jatuhnya pesaat Sukhoi Super Jet 100 tersebut. Karena pada saat kecelakaan disana cuaca begitu buruk. Hujan deras dengan awan yang pekat sudah diperkirakan oleh BMKG sejak pagi hari. Sekitar 45 orang diperkirakan tewas dalam kejadian tersebut.

Dalam perang dingin selalu diperbandingkan antara teknologi buatan Rusia dengan teknologi buatan Amerika Serikat. Dalam hal ini, Saya benar-benar yakin bahwa orang-orang Amerika pasti sedang memaki-maki mainan Rusia ini yang jatuh di Jawa Barat. Bagaimana mereka saling serang mengenai teknologi yang mereka ciptakan bukan hal yang asing antara kedua negara tersebut. Bahkan sebagian besar media di Rusia memberitakan bahwa penyebab jatuhnya pesawat tersebut akubat serangan dari Amerika Serikat. Rusia menuduh Amerika menggunakan teknologinya untuk menghancurkan pesawat Sujkhoi.

Indonesia merupakan pangsa pasar pesawat penumpang yang memiliki prospek yang cerah untuk masa-masa yang akan datang. Pesanan pesawat terbang kepada Boeing yang jumlahnya ratusan mengindikasikan bahwa Indonesia merupakan gula yang diperhitungkan oleh semut USA dan semut bernama Rusia. Industri pesawat Rusia yang menawarkan dirinya kepada beberapa maskapai di Indonesia dianggap sebagai ancaman untuk inudustri penerbangan USA. Oleh karena itu banyak orang Rusia termasuk pejabat kelas kakap Pemerintah Rusia yang menghubungkan kecelakaan tersebut dengan tuduhan kepada USA bahwa USA telah menyebabkan pesawat Sukhoi jatuh.

Pesawat tersebut datang ke Indonesia dalam rangka demo terbang kepada para pembeli dan calon pembeli pesawat yang ada di Indonesia. Penerbangan tersebut merupakan bagian dari demo ke enam negara asia seperti Pakistan, Myanmar, Kazakhstan, Laos, dan Vietnam.

Gunung salak memang terdengar merupakan tempat yang angker, dari waktu kewaktu Gunung Salak menjadi pusat perhatian karena banyaknya kecelakaan yang terjadi disana. Baik itu yang berupa pendakian maupun berupa pesawat  jatuh. Mungkin kalau orang yang percaya dengan dunia mistis akan menganggap hal itu terjadi karena Gunung Salak memilik penunggu, baaik itu hantu, jin, setan dan sebagainya.

Namun apapun itu alasannya mengapa Gunung Salak itu begitu angker yang tahu hanya tuhan saja. Kita sebagai manusia hanya bisa berpikir rasional sesuai dengan pola pikir manusia modern. Bukan mengkaitkan dengan hal yang tidak rasional. Segala sesuatunya kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, hanya dialah yang mengetahui segala gejala-gejala yang ada di alam ciptaan-NYA.

Ada yang lebih berharga ketimbang hanya mengkaitkan hal-hal terjadinya kecelakaan dengan yang tidak masuk akal yaitu sebuah pelajaran. Sudah saatnya para stake holder dibidang penerbangan berbenah diri untuk menjadikan hari esok lebih baik. Transportasi udara tidak boleh dibuat main-main, karena kesalahan sedikit saja akan fatal akibanya yakni kecelakaan yang mungkin banyak menimbulkan banyak korban jiwa. Berbeda degan trasnportasi darat atau perairan yang walaupun lengah sedikit tapi kemungkinan untuk selamat juga besar( tetapi lengahnya jangan terlalu keterlaluan).


Berikut Nama Korban Kecelakaan Pesawat Sukhoi SuperJet 100

NAMECOMPANYOCCUPATIONCOUNTRY
1KORNEL M. SIHOMBINGPT DIHEAD OF BUSINESS CORPORATION DIVISIONINDONESIA
2EDIE SATRIYOPELITA AIRCOMERCIAL DIRECTORINDONESIA
3DARWIN PELAWIPELITA AIRPILOTINDONESIA
4GATOT PURWOKOAIRFASTPILOTINDONESIA
5PETER ADLERSRIWIJAYAPILOTUSA
6HERMAN SULADJIAIR MALEOPILOTINDONESIA
7DONARDI RAHMANAVIASTARCEOINDONESIA
8ANTON DARYANTOINDONESIA AIR TRANSPORTENGINEERINDONESIA
9ARIEF WAHYUDIPT. TRIMARGA REKATAMACONSULTANTINDONESIA
10hAIDIR BACHSINpt catur dayA PRIMACONSULTANTINDONESIA
11NAM TRANSNECMAVPFRANCE
12RULLY DARMAWANINDO ASIAGENERAL MANAGERINDONESIA
13AHMAD FAZALINDO ASIASTAFFINDONESIA
14INSAN KAMILINDO ASIASTAFFINDONESIA
15EDWARD EDO M.INDO ASIASTAFFINDONESIA
16ISMIETRANS TVREPORTERINDONESIA
17ADITYA SUKARDITRANS TVREPORTERINDONESIA
18DODY AVIANTARAANGKASA MAGAZINEREPORTERINDONESIA
19DN. YUSUFANGKASA MAGAZINEREPORTERINDONESIA
20FEMIBLOOMBERG NEWSREPORTERINDONESIA
21STEPHEN KAMACIINDO ASIADIRECTORINDONESIA
22CAPT. AANKARTIKAPILOTINDONESIA
23YUSUF ARI WIBOWOSKYPHOTOGRAPHERINDONESIA
24MARIA MARCELLASKYCHIEF FLIGHT ATTANDANTINDONESIA
25HENNY STEVANISKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
26MAI SYARAHSKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
27DEWI MUTIARASKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
28SUSSANA VAMELLASKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
29NUR ILMAWATISKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
30ROSSY WITHANSKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
31ANGGISKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
32ADITYASKYFLIGHT ATTANDANTINDONESIA
33YABLONCEV ALEXANDERSUKHOICHIEF TEST PILOTRUSSIA
34KIRKIN ALEXEYSUKHOION BOARD ENGINEERRUSSIA
35KOCHETKOV ALEXANDERSUKHOICO-PILOTRUSSIA
36RAKHIMOV DENISSUKHOILEADING ENGINEERRUSSIA
37SHVETSOV OLEGSUKHOINAVIGATORRUSSIA
38MARTISHENKO NIKOLAYSUKHOIDEPUTY HEAD OF FLIGHT-TEST CENTERRUSSIA
39GREBENSHIKOV EVGENIYSUKHOISALES DIRECTORRUSSIA
40KURZHUPOVA KRISTINASUKHOICONTRACT MANAGERRUSSIA
41SALIM KSKYSTAFFINDONESIA
42ADE ARISANTISKYSTAFFINDONESIA
43RAYMOND SUKANDOSKYMAINTENANCE MANAGERINDONESIA
44SANTISKYSTAFFINDONESIA
45GANIS ARMAN ZUVIANTOINDONESIA AIR TRANSPORTFINANCE DIRECTORINDONESIA
sumber : sukhoi.org

Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com   
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com  

Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com 
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com 
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber :  http://sukhoi.org/eng  
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber :  http://sukhoi.org/eng  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

No Porn, Racism, Sadism