Jumat, 21 September 2012

Berkunjung ke PDII LIPI

Kunjungan ke PDII LIPI dilakukan pada tanggal 21 September 2012 atau bertepatan satu hari setelah pemilihan gubernur DKI putaran 2. Tujuan ke PDII untuk mengenalkan kepada peserta diklat agar lebih canggih dalam melakukan penelusuran melalui teknologi informasi. Acara ini begitu penting, karena jaman modern penelusuran menggunakan TI merupakan suatu keharusan. Apalagi sekarang banyak kejadian kasus plagiarism dalam pembuatan karya ilmiah. Hal ini dikarenakan peneliti kurang mampu untuk menelusuri informasi yang begitu banyaknya didunia maya. Dengan teknologi informasi sekecil apapun tindakan mencontek karya orang lain bisa dengan cepat diketahui. Asalkan, seseorang tidak gaptek dengan teknologi.

Jurnal ibarat senjata bagi tentara, sabit bagi petani, peluit bagi wasit dan sebagainya. Peneliti dituntut untuk melihat jurnal. Tanpa jurnal, Peneliti ibarat sayur soup tanpa garam, sate tanpa kecap, roti tanpa margarin, dsb. Begitu pentingnya jurnal bagi peneliti, kemampuan untuk mencari jurnal dengan cepat adalah kebenaran yang tidak bisa dibantah.

Kunjungan ke PDII menurut saya penting, karena untuk mengenalkan peserta Diklat Jafung untuk bisa mengetahui seluk beluk penelusuran ilmiah. Saya yakin tidak semua orang memiliki kemampuan telusur karya ilmiah dengan baik. Tapi sayang, waktu yang digunakan untuk berkunjung tergolong pendek, padahal belum semua hal bisa dilakukan. Mungkin untuk kedepannya Diklat Teknis Jafung Peneliti bisa ditambah waktunya agar peserta bisa lebih mendalami dan memahami mengenai tata cara penelusuran yang baik.


Perjalanan menuju PDII

Suasana didalam PDII LIPI
Untuk menelusur bukan hanya menggunakan internet. Ada sumber lain misalnya buku, jurnal, bibliografi, indeks, abstrak, atau katalog perpustakaan. Ada juga yang menggunakan CD ROOM atau dari disk komputer.
Hanya sedikit saja yang bisa diingat dari kunjungan ke PDII. Salah satunya adalah melakukan pencarian menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dsb.

Merencanakan Penelusuran
1. Apa yang Anda cari

2. Kemana Anda harus mencari

3. Bagaimana Anda mencari

Inti dalam penelusuran adalah menggunakan kata kunci, caining (menemukan lewat daftar pustaka), browsing,

Boolean
"or"
Misal "kanker or cancer" maka yang ketemu adalah kanker dan cancer
"and"
kanker and hari maka yang kena adalah antara kanker dan hati
"not"
Kanker not hati. yang kecari adalah kanker tanpa ada hati

Gunakan simbol *?$ untuk satu kata yang memiliki satu kata ending

misalnya advert* =advertiser, advertisement, advermon, dll



Fasilitas pencarian advanced search : pdf; M.word;ppt;



Download jurnal gratis :
www.doaj.org
www.projectguttenberg.com

2 komentar:

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo