Selasa, 25 Februari 2014

Tips Mudah Mencegah Penyakit Flu

Penyakit flu mudah menjangkiti siapa saja terutama orang yang berpenyakit  anemia , serta rendahnya tingkat vitamin B12 dan / atau asam folat dalam tubuh. Hal kecil yang perlu dilakukan antara lain :

A. Sebelum Terjangkit Flu

Mencuci tangan adalah hal yang mudah dilakukan, tapi jarang dilakukan untuk mencegah penyakit . Hindari sabun anti bakteri yang mengandung triclosan, karena berkontribusi terhadap invasi super dari bakteri tersebut . Gunakan sabun biasa dengan air hangat dan gosoklah  tangan selama sekitar 20 detik terutama saat :

  • sebelum dan sesudah makan atau menyiapkan makanan 
  • setelah menggunakan wc
  • setelah memegang uang , gagang pintu , dan surat 

Tidurlah yang cukup  karena kelelahan menyebabkan kerentanan terhadap tubuh dari  dari segala jenis penyakit.

Salah satu tindakan pencegahan  rutin  untuk terhindar flu antara lain antara lain mengkonsumsi :

  • minyak ikan  cod satu sendok teh setiap hari untuk anak-anak dan 1 sendok makan setiap hari untuk orang dewasa . 
  • vitamin C dari buah lemon , jeruk ,  strawberry rasa dan lain-lain.
  • Vitamin C dari suplemen juga penting . Anak-anak harus mendapatkan sekitar 500 mg sehari dan orang dewasa harus mendapatkan 1.000 sampai 2.000 mg . Tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan karena  akan menyebabkan mencret.
  • Olahraga yang cukup
  • Jaga kebersihan lingkungan


B. Sesudah Terjangkit Flu

Salah satu cara terbaik untuk melawan virus adalah pencegahan, namun apabila  terjangkit virus tersebut salah satunya adalah dengan mengkonsumsi antivirus. Salah satu antivirus  adalah zinc ( 50 mg per hari untuk orang dewasa , 15 mg untuk anak-anak ) dan vitamin A ( 25.000 III sehari-hari; hindari jika Anda sedang hamil atau menyusui ) . Semua ini  dapat juga digunakan sebagai penanggulangan sebelum terkena penyakit (preventif). Vitamin D juga penting untuk tetap sehat . Vitamin D  sebagai nutrisi penting tidak hanya untuk tulang , tetapi juga untuk kesehatan hati , integritas sel , pencegahan kanker , dan kemungkinan pencegahan virus flu . Tingkat optimal berkisar antara 60 dan 90 mg / mL .

Jika Anda menderita sakit tenggorokan , cobalah cairan antivirus yang mengandung  eucalyptus atau zat mentol lain ( seperti semprotan Ol bas atau pastilles ) . Eucalyptus bekerja dengan baik untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan karena virus, biasanya yang mudah didapat yaitu permen Viks yang banyak dijual di apotek . Solusi lain  yaitu mengkonsumsi minyak jeruk pahit untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan .

Jika flu Anda dimulai dengan batuk ,  teh lemon hangat dicampur  madu dapat bekerja baik untuk mengurangi sakit.




sumber : (Kane, Emily A, ND, LAcBetter Nutrition71.8 (Aug 2009): 18-19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo