Tujuh Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Kabupaten Kebumen

Kabupaten Kebumen berada di Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Letaknya sangat strategis karena berada pada jalur  lalulintas Pantai Selatan Jawa. Selain itu wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di selatan, sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Cilacap, dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Purworejo.

Kabupaten ini memiliki potensi tempat wisata yang beragam mulai dari wisata pantai, gua, taman, kuliner, dan waduk. Berikut tujuh tempat di Kabupaten Kebumen yang sayang untuk dilewatkan jika berada di sini,

1. Alun-alun Kota Kebumen

Letaknya sangat strategis, karena berada di tengah-tengah kota. Di sebelah barat alun-alun terdapat Masjid Agung Kebumen, di sebelah utara terdapat kantor bupati, disebelah timur terdapat kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Setiap hari, warga Kebumen dan sekitar berkumpul di sini. Pengunjung dan  keluarga dapat makan dari pedagang yang menjual aneka makanan seperti bakso, sate, batagor, aneka minuman dan lain sebagainya. Tempat ini juga sering digunakan orang tua untuk mengasuh putra-putrinya dengan memanfaatkan sarana permainan seperti odong-odong, sepeda hias, kuda, mobil-mobilan dan lain sebagainya. Ketika ada event tertentu, tempat ini digunakan untuk pertunjukan seni seperti konser, upacara, dan kegiatan kesenian lainnya.

Di setiap sudut terdapat taman yang ditata rapi, Lampu taman menyala setiap malam menerangi setiap pengunjung yang datang menikmati malam. Alun-alun dibatasi oleh pot-pot besar yang sengaja dibangun agar memudahkan pedagang dan pembeli melakukan transaksi, namun tidak mengurangi keindahan seni arsitektur bangunan taman.

Suasana alun-alun pada malam hari



2. Bendungan Wadaslintang

Bendungan Wadaslintang letaknya sekitar 30  km dari Kota Kebumen. Letaknya berada di timur laut kabupaten. Nama Wadaslintang merupakan nama kecamatan di Kabupaten Wonosobo, dan sebagian besar wilayah waduk masuk Kabupaten Wonosobo, hal ini lah yang menjadikan bendungan besar yang berada di perbatasan Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Wonosobo diberi nama "Bendungan Wadaslintang". Sebagian kecil dari waduk masuk wilayah Kabupaten Kebumen, yaitu daerah yang menjadi pintu keluar air di wilayah selatan waduk yang berada di dekat dengan Kantor  Kecamatan Padureso.

Pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan terutama di sebelah sisi bendungan dari segala mata angin. Jika kita menengok ke arah waduk, air  yang berwarna biru berpadu dengan hijau nya pepohonan di sekitar waduk nampak bersama-sama saling melengkapi seolah pasangan atasan dan bawahan gaun pesta. Lebih-lebih jika cuaca bagus, air danau seolah menjadi cermin yang memantulkan keindahan pegunungan dan  perbukitan yang nampak hijau dan nampak mengitari danau. Udara pegunungan yang menyejukkan pengunjung ketika menarik nafas dalam-dalam dan akan melupakan perjalanan panjang untuk ke sini.




Bendungan Wadaslintang



3. Benteng Van Der Wijck, Gombong, Kebumen


Benteng Van Der Wijck merupakan bangunan bersejarah peninggalan Pemerintah Hindia Belanda. Bangunan ini dibangun pada abad 19. Yang menjadi latar belakang pembangunan bangunan ini adalah untuk menjaga kepentingan Pemerintahan Hindia Belanda di wilayah Jawa bagian selatan seperti jalur perdagangan dan distribusi barang penting lainnya. Letaknya di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen,  berada di dekat jalur selatan Jawa. Dari Kota Kebumen sekitar 10 km kearah barat.

Bentuknya jika dilihat dari atas berbentuk huruf O, bentuk yang sudah umum pada bangunan-bangunan pertahanan peninggalan Bangsa Eropa. Benteng ini juga memiliki banyak ruangan yang digunakan antara lain sebagai kantor, barak serdadu Hindia Belanda, dan sebagai tahanan bagi orang yang tidak mematuhi aturan pemerintah kolonial pada waktu itu. Benteng ini memiliki tiga lantai yaitu lantai dasar atau lantai satu, lantai 2 dan lantai 3 atau disebut juga dengan atap benteng.

Bila kita berada di sini, seolah kita berada dalam masa lalu. Tembok besar yang kokoh menjadikan bangunan ini mampu bertahan hingga saat ini, walaupun susunannya terdiri dari batu bata merah. Terdapat pintu utama di depan yang dapat membuat kendaraan seperti mobil dapat masuk kedalam. Karena eksotik dan tidak terdapat di tempat lain, benteng ini sering digunakan untuk keperluan suting film maupun serial film. The Raid salah satu film yang memanfaatkan benteng ini untuk mengambil gambar. Untuk mendukung wisata, tempat ini sekarang sudah dilengkapi dengan kolam renang, tempat permainan anak, hotel, dan warung-warung makan.




Benteng Van Der Wijck, Kebumen



4. Gua Petruk


Gua ini terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Perjalanan dari Kota Kebumen memakan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor kearah barat daya.

Gua Petruk sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai wisata petualangan. Jarak mulut gua dengan ekor gua sekitar 350 meter, pengunjung akan membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua jam untuk mencapai ekor gua.  Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang tidak biasa di lihat di luar karena terdapat ornamen stalaktit dan stalagnit. Didalam gua terdapat lokasi-lokasi yang memiliki ciri khusus yang bisa dikenali dari bentuk-bentuk batuan yang ber macam-macam. Misalnya ada batuan yang berbentuk orang tua, payudara wanita, otak, usus dan lain sebagainya. Batuan tersebut terbentuk secara alami yang diakibatkan dari aliran sumber-sumber air didalam gua.

Gua Petruk



5. Pantai Suwuk


Kebumen memiliki batas dengan laut di sebelah selatan. Ciri pantai di sebagian besar wilayah Kebumen yaitu pasir berwarna hitam, dan ombak yang kencang. Dari ujung timur sampai dengan ujung barat di Kebumen memiliki berbagai pantai yang cantik untuk dikunjungi, Pantai Suwuk salah satunya.

Pasir hitam berkilau ketika cahaya matahari mengenainya pada siang hari. Sementara itu, angin kencang dan sepoi melambaikan daun daun nyiur disebelah utara. Karang Bolong terlihat ketika kita berdiri diatas tumpukan batu dekat dengan hilir sungai. Ketika sunset tiba, burung-burung terbang menuju sarang yang berada di perbukitan dekat dengan pantai. Pemancing yang berada di tumpukan batu berjudi dengan nasib dalam menangkap ikan.

Sekarang, Pantai yang berada di Kecamatan Puring ini dipoles dari segala sisi. Di bagian pintu masuk, tulisan selamat datang dengan ukuran besar dapat dengan jelas dibaca oleh pengunjung yang seolah Pantai Suwuk dengan ramah mengijinkan pengunjung masuk untuk menikmati pariwisata di sini. Kebun binatang ditata dan siap ditempati penghuninya untuk ditonton pengunjung. Deretan penjual makanan ditata membentuk baris yang siap menyambut pengunjung yang merasa kelelahan. Yutuk makanan khas pesisir Kebumen yang terbuat dari undur-undur siap menggoyang lidah, apalagi jika dijadikan lauk pecel yang ekstra pedas, akan semakin menambah sempurna liburan disini. Jika kita kehausan, kelapa muda hijau bisa dicoba untuk menghilangkan rasa haus ketika selesai bermain air di pantai

Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah



6. Gua Jatijajar


Gua Jatijajar terletak di Kecamatan Ayah. Dari Kota Kebumen memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor kearah barat daya. Gua ini banyak dikunjungi wisatawan ketika liburan Idul Fitri, pengunjung dapat mencapai ribuan orang dalam satu hari. Pengunjung berasal dari berbagai tempat dari seluruh Indonesia, bahkan pengunjung mancanegara sering mengunjungi gua ini.

Seperti kebanyakan wisata gua lainnya yaitu menawarkan wisata telusur masuk kedalam gua. Tapi berbeda dengan Gua Jatijajar, disini wisatawan dapat menikmati taman sebelum pintu masuk, dan pengunjung dapat menikmati belanja aneka cidera mata. Belum lagi ketika pengunjung keluar dari gua, penjual makanan khas Kebumen siap dinikmati oleh wisatawan. Objek utama dari gua ini adalah ornamen yang ada didalam gua yang membentuk staglatit dan staglamit


Pintu masuk Gua Jatijajar

7. Taman Kota Kebumen "HM Sarbini"


Taman ini dibangun sekitar tahun 2012, yang menempati bekas terminal lama. HM Sarbini diambil dari salah satu tokoh nasional dari Kabupaten Kebumen yaitu HM Sarbini. Jarak dari Kantor Bupati sekitar 4 km. 
Taman kota memiliki manfaat  ekologis, sosial, budaya, dan estetika. 

Taman HM Sarbini di Kebumen

Komentar

Poskan Komentar

No Porn, Racism, Sadism