Kamis, 05 Juli 2018

Menjadi Kuat Karena Latihan, Pengalaman pribadi ketika berwisata ke Bukit Tunak

Saat berada di sebuah tempat di wilayah selatan Lombok tepatnya di wilayah Gunung Tunak, Saya mencoba untuk mengunjungi ke setiap sudut yang kiranya memiliki pemandangan yang bagus. Pertama-tama, Saya mengunjungi pantai yang berada di bagian bawah. Pantai ini mudah diakses karena berada di jalur utama ke Bukit Tunak. Ketika berada dipantai ini, mata kita dimanjakan dengan pemandangan yang begitu memesona. Pasir putih yang terhampar di pantai dengan kira-kira sepanjang satu kilo meter memberi kesan kita berada di lokasi yang indah. Pantai tersebut diapit diantara dua tebing yang juga kelihatan indah. Bukit yang berada disisi sebelah kanan tidak begitu tinggi akan tetapi struktur batuan nya terliat seperti ukiran indah yang patut untuk menjadi objek foto yang menarik. Tebing di sebelah sisi yang lain yaitu disebelah kiri terlihat lebih tinggi, dan di atasnya terlihat hijau karena memang diatas tebing ini tumbuh jenis-jenis semak dan alang-alang. 

Saya kemudian beranjak berjalan ke arah tebing sebelah kiri, kaki dan badan harus siap dengan segala risiko yaitu menanjak. Walaupun tidak ada bandingannya dengan tingginya Gunung Rinjani akan tetapi bagi pemula tanjakan seperti itu seperti berjalan diatas lumpur sambil membawa beban tas keril yang berat. Sebagai pemula saya tidak terlalu memperdulikan seberapa tingginya bukit yang saya daki, toh di bawah ada orang yang jual kelapa muda, atau berbagai jenis minuman yang menyegarkan. Saya bisa memesan kapan saja untuk diminum sampai hilang lelah.

Dari atas bukit itu, Saya dapat melihat pemandangan dengan sudut pandang yang lebih luas. Setiap detail sisi terutama dibagian dataran rendah dapat terlihat dengan jelas, termasuk pantai indah dengan garis pasir putih yang berada di bagian bawah. Ketika berada di bagian atas ini, mata saya melihat seolah Saya sebagai elang yang sedang terbang di angkasa yang sedang mengincar mangsa. Hati tertuju pada sebuah menara yang berada di sebelah timur dari bukit. Hati penasaran karena ingin tahu ada apa di sana. Kaki gatal dan mulai melangkah menuju objek yang terbuat dari cor-coran besi baja itu. Dari kejauhan terlihat beberapa orang yang berada disekitar sana, sepertinya mereka juga turis seperti saya yang sedang berdamai dengan alam. Ukurannya terlihat kecil, dan saya berprasangka saya dapat menaiki menara tersebut. Saya membayangkan akan mengambil gambar dari atas menara yang mungkin akan terlihat sangat bagus, dan Saya anggap sebagai foto yang wah jika Saya dapat mengambil gambar dari atas.

Ketika Saya sampai di sana, ada beberapa orang yang bersamaan akan ikut naik keatas menara. Saya kira mereka adalah satu rombongan keluarga yang sedang berlibur disana, tapi ternyata dugaan saya tersebut tidak semuanya benar. Ada beberapa rombongan yang mungkin berlainan grup ketika itu berada disana. Keindahan Bukit Tunak mungkin sudah terkenal hingga membuat banyak orang berkunjung kesini. 

Berdiri disamping bawah menara tiba-tiba saja angin berhembus kencang, sehingga yang terdengar adalah suara angin yang  begitu nyaring di telinga. Hal ini dikarenakan sekeliling tidak ada benda yang mampu menahan angin menabrak tubuh Ku ini. "Wuuusss wuuuuuuuusssss" begitu nyata terdengar di telinga. Saya mulai menggerakkan kaki menginjak tangga yang paling dasar, akan tetapi kelihatannya kaki Saya terasa bergetar, tangan saya lemas, dan yang jelas mental Saya merasa was was. Beberapa waktu kemudian beberapa anak tangga berhasil Saya lewati dengan perasaan yang cemas. Untuk melewati satu anak tangga harus ekstra hati-hati karena angin bertiup sangat kencang yang dapat membuat orang terjatuh jika tidak konsentrasi. Syukur sekali dapat sampai di lantai satu. Ingin aku lanjutkan lagi melangkah naik ke lantai dua. Tantangan ini karena saya melihat ada objek foto yang bagus yang dapat dihasilkan di lantai dua, yaitu pemandangan bukit disamping menara. Semakin keatas angin semakin kencang. Suara angin bergemuruh menyerbu tubuh Ku. 

Dengan perasaan ragu, Saya berusaha naik keatas agar cepat sampai. Ternyata semakin keatas langkah kaki semakin berat. Selain mengangkat gaya gravitasi, kaki dan tangan saya juga menahan dari gempuran angin pantai yang tergolong berat. Kira-kira pada anak tangga yang ketiga langkah ku terhenti. Maksud hati ingin ke lantai dua malah tertahan di tengah-tengah antara lantai satu dan dua. Ahhh ya sudahlah Saya memutuskan untuk turun kembali lagi ke lantai satu. Beberapa foto saya hasilkan dari lantai satu, walaupun hasilnya kurang puas tapi lumayan lah kalau di edit di Photoshop, saya selalu bersyukur karena itulah pencapaian terbaik yang pernah saya perbuat disana. Ancaman yang menghadang diatas menjadi pembatas untuk meraih puncak menara. 

Saya tidak sedih dan menyesal karena tidak mencapai puncak, tapi toh Saya di lantai satu dapat  memoto sekeliling yang mungkin tidak kalah menariknya dengan pemandangan dilantai atas. Akan sangat membahayakan jika Saya berusaha naik ke lantai yang ada diatas. Saya sendiri juga heran, kenapa ketika pertama kali melihat menara Saya kira dapat naik keatas, akan tetapi ternyata ketika sampai di lokasi keadaan berkata lain. Kondisi riil di lapangan sangat berbeda dengan apa yang Saya pikirkan sebelumnya. Jika kondisi sebelumnya yang Saya bayangkan tentang menara adalah Saya dapat menaiki dengan mudah tanpa ada halangan yang berarti, dan ternyata Saya harus mengubur keinginan  tersebut. Mungkin suatu saat nanti Saya akan mencobanya lagi setelah mental Saya tumbuh lebih kuat dan lebih berani.

Makna yang ingin Saya sampaikan dari tulisan diatas adalah : ternyata apa yang saya pikir untuk naik keatas menara adalah hal yang mudah ternyata tidak demikian adanya. Mencoba untuk naik ke menara adalah bagus. Hal ini untuk mengetahui dimana posisi kemampuan kita dapat maksimal naik ke menara. Jika terdapat kekurangan yang harus diperbaiki karena tidak dapat naik menara maka kita dapat memperbaikinya di kemudian hari. Misalnya hari ini kita cuma dapat sampai lantai dua, maka jika kita merencanakan lagi,  kunjungan berikutnya dapat menaiki lantai dua. Akan tetapi harus ada usaha dengan latihan dan semangat agar Kita dapat mencapai keatas menara.

Kemampuan tertentu selain karena faktor bakat juga ada faktor latihan. Orang yang berbakat kalau tidak pernah dilatih maka bakatnya tersebut hanya menjadi bakat yang terkubur. Sebaliknya, jika orang yang tidak berbakat namun sering latihan maka latihan tersebut menjadi kebiasaan untuk menjadi berbakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo