Sabtu, 21 Desember 2019

Perilaku Mahasiswa di Perpustakaan

Beberapa bulan ini saya menjadi salah satu pengunjung setia perpustakaan. Setiap hari datang pada pagi hari dan pulang kadang sampai jam tujuh malam. Hal ini Saya lakukan untuk cepat-cepat menyelesaikan tesis. Ketika diperpustakaan saya juga mengamati pengunjung yang datang kesini. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa bermacam-macam.

Tiap hari deretan kursi di lantai empat dari salah satu perpustakaan dipenuhi oleh pengunjung. Mereka memiliki kesibukan masing-masing. Jika diperhatikan ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di perpustakaan ini.

1. Mengerjakan tugas kuliah. Hal ini sangat wajar karena perpustakaan kondisinya sangat representatif bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas. Perpustakaan banyak dipenuhi mahasiswa ketika ada mid semester dan ujian akhir semester.

2. Membuat jurnal. Mahasiswa S2 dan S3 di sini di berikan kemwajiban untuk membuat publikasi jurnal. Akan tetapi tidak semua S2 diwajibkan untuk membuat publikasi jurnal, hanya jurusan terntentu yang mewajibkan untuk membuat jurnal. Sedangkan S3 sudah ada kewajiban untuk membuat publikasi jurnal nasional dan internasional.

3. Kerja kelompok. Beberapa orang yang saya temui mereka sedang mengerjakan kegiatan dengan teman-temannya. Misalnya mengerjakan kegiatan amal, kegiatan seminar, aksi bersama, dan lain sebagainya.

4. Mengerjakan sktipsi/tesis. Fasilitas jurnal yang dapat diakses dengan mudah menjadi sumber pustaka yang sangat besar. Akses jurnal tertentu hanya dapat di peroleh ketika berada di perpustakaan. Hal ini akan memudahkan mahasiswa memperoleh sumber pustaka yang baik.

5. Nonton Youtube. Fasilitas internet di perpustakaan dengan kualitas baik mendorong mahasiswa menonton youtube secara gampang. Mahasiswa S1 biasanya yang gabut mengandalkan youtube untuk menghilangkan suasana yang monoton. Dengan menyetel video di Youtube seolah sudah mewakili untuk terbebas dari kebosanan.

6. Pacaran. Bagaimanapun juga mahasiswa merupakan individu yang jiwanya sedang bergejolak temasuk dalam urusan percintaan. Akan tetapi sangat disayangkan, mereka memanfaatkan perpustakaan. Menurut saya ini adalah bentuk penyimpangan karena perpustakaan yang seharusnya untuk mencari ilmu malah dissalahgunakan untuk pacaran.


Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas

Suasana di perpustakaan


Gedung perpustakaan 

Mengerjakan tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo