Jumat, 23 Maret 2018

Mengapa Saya Suka Naik Kereta Api

Ada pertanyaan dari teman, mengapa saya suka naik kereta?? Jawabannya simpel, yaitu mudah. Maksudnya adalah mudah mengakses kereta, dan mudah mendapatkan kenyamanan. 

Mudah akses maksudnya adalah kemampuan seseorang untuk menjangkau kereta dari tempat tinggal. Letak stasiun tidak jauh dari rumah, dan banyak kendaraan yang lewat stasiun. Kalau sudah begini, penumpang tinggal mencari kendaraan penghubung. Biasanya kendaraan penghubung berupa bis kota atau kendaraan dengan tarif yang murah. Jika ada kendaraan penghubung nya memiliki tarif yang mahal, biasanya penumpang akan malas naik. 

Membangun kereta adalah membangun sistem transportasi. Kalau dalam sebuah sistem ada berbagai macam komponen yang bekerja. Jika salah satu komponen tidak bekerja maka akan terdapat kekurangan. Setiap komponen bekerja bersama-sama untuk saling mengisi. Dalam hal ini berarti membangun stasiun harus membangun transportasi yang menghubungkannya.

Stasiun kereta api akan memiliki nilai lebih jika ia  menghubungkan dari berbagai macam sistem transportasi. Mulai dari darat, laut, dan udara. Misalnya saja, seseorang yang baru sampai di stasiun biasanya akan mencari angkutan dengan cakupan yang lebih kecil, misalnya angkutan kota (angkot), bus, becak, dan ojek.  Maka akan lebih baik jika dibangun terminal bus, dan lain sebagainya. 

Hal ini akan memudahkan masyarakat yang melakukan perjalanan agar tidak tersesat di jalan alias melakukan perjalanan tidak hanya sampai di stasiun saja, tetapi ada akses untuk pergi ke mana yang dituju. Selanjutnya, setelah sistem utama dibangun, perlu juga dibangun sistem yang lebih kecil, misalnya sistem transportasi bis. Pembangunan sistem transportasi tersebut juga menyangkut sistem yang lebih kecil di bawahnya (sub-sub). 

Dengan demikian kata "keberlanjutan" dari sistem transportasi benar-benar terwujud. Orang akan merindukan dan bahkan terus dicari karena sistem besar yang dibangun mampu melayani dan dibantu  sub-sub sistem yang lebih kecil. 

Selanjutnya alasan yang kedua adalah kenyamanan. Ada apa sih dengan kenyamanan. Kenyamanan memiliki makna yang sulit diungkapkan. Kenyamanan lebih diterima jika dirasakan. Jika tidak ada hal yang bertentangan dalam hati dan pikiran kita, berarti kita sudah merasa nyaman.

Kereta api merupakan alat transportasi yang nyaman karena ketika Saya naik kereta api tidak begitu memikirkan hal-hal yang lebih kecil. Meskipun kenyamanan terdapat derajat yang berbeda-beda, maka dengan ini ingin saya katakan bahwa derajat kenyamanan naik kereta api lebih tinggi jika dibanding dengan kenyamanan jika harus naik kendaraan lain, misalnya bis.

Ini berarti bahwa masih ada hal kecil yang dipertentangkan didalam pikiran, akan tetapi derajatnya masih sangat kecil alias tidak begitu signifikan. Saya mengakui bahwa perkembangan transportasi kereta api mengalami perkembangan yang luar biasa terutama dari sisi pelayanan. Banyak faktor yang menentukan mengapa derajat pelayanan kereta api menjadi lebih besar jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Jawabannya adalah karena ada inovasi. Kereta api menyadari bahwa persaingan alat transportasi akan bergerak dinamis, jika mereka tidak menerapkan pola-pola baru dalam pelayanan, maka dalam beberapa waktu mereka akan ditinggalkan banyak konsumen. Konsumen sekarang sangat kritis, jika ada hal kecil yang dirasa tidak nyaman, mereka bisa menyampaikan secara langsung ke manajemen, atau membuat sindiran halus di media sosial.







Kereta api Premeks di Stasiun Maguwoharjo, Yogyakarta
Stasiun Tugu Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo