Jumat, 16 Maret 2018

Tips Melakukan Perjalanan

Tips travelling untuk seorang diri.

Kita pasti pernah melakukan perjalanan baik itu untuk jarak jauh dari tempat tinggal maupun perjalanan yang dekat dengan tempat tinggal kita. Ini ada beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika melakukan perjalanan. 

1. Jangan membawa barang yang berlebihan.
Membawa barang sebaiknya sesuai dengan kebutuhan saja. Tidak usah merepotkan diri untuk membawa barang yang tidak dibutuhkan karena hal itu akan memusingkan kita juga.

2. Hindari makanan yang menjadi penyebab kita sakit
Masing-masing orang memiliki makanan pantangan yang haram jika dikonsumsi. Jika mengonsumsi makanan tersebut, penyakit kita bisa datang. Misalnya untuk orang yang tidak kuat makan pedas jangan pernah mengonsumsi makanan yang pedas ketika sebelum atau selama melakukan perjalanan. Bisa jadi karena makanan pedas tersebut, perut kita menjadi sakit dan rasanya ingin terus mencari kamar kecil.

3. Pilih alat transportasi yang sesuai budget
Bus, Kereta api, kapal laut, pesawat, motor, dan lain sebagainya merupakan alat transportasi yang nyaman. Kata nyaman ini tergantung orangnya, karena setiap orang memiliki makna "nyaman" yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan kendaraan tertentu untuk melakukan perjalanan misalnya pesawat, ada juga orang yang tidak nyaman naik pesawat dan memiliki perjalanan lewat jalur darat. Pesawat udara walaupun memiliki keunggulan dalam hal waktu tempuh akan tetapi karena tiket yang mahal biasanya orang lebih memilih alat transportasi dengan harga tiket yang lebih murah misalnya kereta api

4. Bawa bekal makanan dari rumah
Harga makanan yang dibeli di area terminal, pelabuhan, bandara, dan stasiun biasanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan di tempat umum. Kalau ingin lebih menghemat anggaran, belilah bekal yang dibeli diluar area ini karena harganya lebih murah. Dengan ini pengeluaran dompet dari para traveller akan lebih hemat.

5. Jangan banyak tidur di perjalanan, nikmatilah
Perjalanan merupakan momen ketika kita berada di luar daerah kita, kita adalah orang baru di daerah tersebut. Kita akan menemui daerah baru yang asing buat kita. Untuk itu jangan sia-siakan hanya dengan tidur di dalam kendaraan. Kenalilah daerah untuk setiap meter perjalanan. Ingat-ingatlah nama jalan, nama desa, nama kecamatan, nama kabupaten, nama provinsi, bangunan-bangunan penting, sungai, pemandangan indah, orang-orang yang kita temui dalam perjalanan, jenis hewan, jenis tumbuhan, rasa udara, warna alam, dingin/panasnya angin yang berhembus ke kulit kita, dan lain sebagainya. Suatu saat nanti pasti kita akan merindukan hal yang kelihatan sepele seperti itu. Buatlah bahan cerita kepada orang lain dari tangkapan semua panca indera ketika kita melakukan perjalanan.

6. Bisa jadi mencari teman dan pengalaman
Perjalanan menghadirkan kisah yang tidak terbayangkan sebelumnya terutama karena kita akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai macam kalangan. Pemilihan orang yang kita temui dilakukan dalam kondisi acak alias kita tidak menghendaki bertemu dengan seseorang karena keinginan kita. Bisa jadi kita bertemu dengan orang baik atau orang jahat. Sebaiknya ketika berhubungan dengan orang lain ketika melakukan perjalanan dilakukan dalam batasan kesopanan. Kewaspadaan dapat dilakukan untuk menghindari kita berkenalan dengan orang yang berbuat jahat. Tapi yakinlah, sebagian besar orang yang melakukan perjalanan merupakan orang-orang baik yang berasal dari berbagai latar belakang. Kita bisa menggali pengalaman orang tersebut. Misalnya ketika melakukan perjalanan menggunakan bis, disamping tempat duduk kita ada seorang petani. Tidak ada salahnya kita untuk mengenal orang tersebut dan mendapat pengalaman tentang pertanian yang sudah dilakukan.

7. Bantulah orang yang membutuhkan pertolongan
Misalnya anda sedang berada didalam bus, tiba-tiba datang seorang masuk dengan membawa barang yang terlihat berat. Maka jangan menunggu lama untuk menawarkan bantuan. Apalagi kalau ditawarkan bantuan itu kepada nenek-nenek yang sudah tua, pasti pertolongan Anda sangat diperlukan.

8. Jangan tergesa-gesa ingin sampai
Sumber dari banyak kecelakaan karena ketidakhati-hatian traveller yang tergesa-gesa untuk sampai ke tempat tujuan, baik yang menggunakan kendaraan sendiri maupun yang menggunakan kendaraan umum. Alangkah baiknya jika traveller melakukan perjalanan secara hati-hati, selain perasaan diri kita yang nyaman, orang lain disekitar kita juga akan merasa aman. Misalnya karena mengejar sampai ke stasiun seorang pengendara mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan. Hal ini dapat membahayakan pengendara dan orang lain. Ada baiknya perjalanan dilakukan di awal waktu agar tidak buru-buru. 

9. Beritahu kalau kita sedang melakukan perjalanan kepada orang terdekat kita
Orang-orang terdekat kita wajib tahu jika kita sedang melakukan perjalanan apalagi perjalanan yang sifatnya jarak jauh. Hal ini untuk mengantisipasi terburuk dalam perjalanan misalnya halangan-halangan di perjalanan seperti sakit, kecelakaan, dan musibah lainnya. Banyak ditemukan kasus orang hilang dan tersesat dalam perjalanan. Apabila ada orang terdekat yang mengatahuinya maka mereka bisa membantu untuk menyelesaikan permasalahan selama di perjalanan. Selain itu dengan memberi tahu orang terdekat, mereka dapat membantu mendoakan kita yang sedang melakukan perjalanan, sehingga perjalanan menjadi lebih tenang.

10. Ucapkan terimakasih kepada pak supir, kondektur, masinis, pramugari, pilot, dan lain sebagainya
Orang yang tahu diri adalah orang yang menghargai pertolongan orang lain kepada kita. Sopir, kondektur, abang ojek, kusir, dan lain sebagainya merupakan orang yang memberi pertolongan kepada kita. Karena dengan bantuan mereka kita dapat segera sampai ke tempat yang kita tuju.

11. Jangan mengganggu orang disekitar kita
Sebaiknya kita menerapkan kata "sesama pengguna jalan dilarang saling mengganggu". Ketika berada dijalan berbagai masalah akan datang mulai dari perilaku traveller yang tidak disiplin, melanggar aturan, dan kurang hati-hati. Usahakan ketika berada dijalan umum kita menghormati hak-hak pengguna kendaraan lain sehingga jika saling menghormati di terapkan ketika melakukan perjalanan maka itu akan terasa nyaman dan aman.

12. Minta tolong kepada pihak yang berwenang
Ketika kita menghadapi banyak permasalahan di dalam perjalanan maka ada baiknya kita meminta bantuan kepada pihak berwenang yang memiliki otoritas di daerah tersebut, misalnya pak polisi. Masalah-masalah didalam perjalanan antara lain, masalah kesehatan, masalah keamanan, dan masalah keadaan pada kendaraan kendaraan. 

13. Jangan lupa bersedekah
Ketika naik kendaraan umum seperti bis terutama bisa ekonomi akan banyak dijumpai pengamen yang mencari nafkah dari hasil menyanyi antar bus. Ketika mereka datang kepada kita untuk meminta bantuan uang, maka berilah seikhlasnya agar mereka senang dan kita juga nyaman.

14. Ramah terhadap orang disekitar
Ciri yang membedakan budaya orang timur dengan orang barat adalah keramahan orangnya. Begitu juga ketika kita berada di dalam perjalanan, kita akan menemui banyak kalangan mulai dari petani gurem sampai pejabat eselon, pokoknya kita akan bertemu dengan semua kalangan. Dengan kita bersikap ramah kepada orang lain maka kita akan menjadi pribadi yang peduli dengan lingkungan dimana kita berada.

15. Mengantri jika macet
Tidak usah cemas, gundah gulana jika situasi perjalanan dalam keadaan macet. Nikmati saja sambil mendengarkan musik di mobil, atau jika memiliki HP bisa langsung stel musik untuk mendengarkan lagu favorit Anda.



Sirip pesawat Lion Air ketika berada di atas awan

Pesawat Lion Air yang tengah menunggu penumpang

Suasana didalam lorong untuk menuju pesawat

Garbarata adalah jembatan yang menghubungkan ruang tunggu pesawat dengan pesawat terbang

Suasana ruang tunggu di bandara

Suasana di ruang tunggu Bandara Internasional Lombok

Penumpang yang mengantre untuk chek in


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo