Jumat, 20 Januari 2012

Costa Condordia, Titanic # 2


Nasib-nasib, sebuah kapal pesiar mewah Costa Concordia yang harga pembuatannya mencapi 5 triliun rupiah karam di dekat sebuah pulau di Italia bagian barat. Sungguh snagat tragis kejadian yang terjadi pada tanggal 12 Januari telah menewaskan belasan penupang dan banyak yang terluka juga penumpang yang hilang masih ada.


Career
Name:Costa Concordia
Owner:Carnival Corporation & plc
Operator:Costa Cruises
Port of registry:Genoa, Italy
Route:Western Mediterranean
Ordered:19 January 2004
Builder:Fincantieri Sestri Ponente, Italy
Cost:450 million
£372 million[1]
US$570 million
Yard number:6122
Launched:2 September 2005
Christened:7 July 2006
Acquired:30 June 2006
Maiden voyage:14 July 2006
In service:July 2006
Out of service:13 January 2012
Identification:
Call sign: IBHD
  • IMO number: 9320544
  • MMSI no.: 247158500
Status:Capsized off Isola del Giglio, Italy
Notes:[3][4]
General characteristics 
Class and type:Concordia class cruise ship
Tonnage:114,137 GT
Length:LOA 290.20 m (952 ft 1 in)
LBP 247.4 m (811 ft 8 in)
Beam:35.50 m (116 ft 6 in)
Draught:8.20 m (26 ft 11 in)
Depth:14.18 m (46 ft 6 in)
Decks:17
Installed power:6 × Wärtsilä diesel engines, 75,600 kilowatts (101,400 hp)
Propulsion:Diesel-electric; two shafts (2 × 21 MW)
Two fixed pitch propellers
Speed:service: 21.5 knots (39.8 km/h; 24.7 mph)
maximum: 23 knots (43 km/h; 26 mph)
Capacity:3780 passengers
Crew:1,100
Notes:[6][7]
Sumber: wikipedia.com

Gmbar setelah kapal Costa Concordia menabrak karang
Kapal karam apakah karena faktor alam atau faktor manusia. Tapi sih menurut berita-berita yang ada di koran-koran kapal karam karena kapten kapal terlalu berani untuk membuat manuver. Manuver tersebut merupakan kebiasaan yang harus dilakukan tatkala jika suatu kapal mengunjungi suatu daerah tertentu. Kalau begini berarti suatu tindakan yang bodoh. Kapal secanggih itu kan sudah punya alat deteksi untuk melihat karang, kenapa masih saja melakukan tindakan bodoh yang merugikan banyak korban. Jika untuk istilahnya mengetuk pintu kepada penghuni pulau mungkin bisa saja dilakukan dengan cara membunyikan klakson, dan hal itu mungkin akan lebih bisa dirasakan misalnnya orang yang tidak secara langsung melihat kapal tetapi kalau sudah mendengar klakson kapal mungkin akan juga merasa kalau di laut ada tamu sebuah kapal pesiar mewah.
Lokasi kapal terbalik
Mungkin kejadiannya akan sama dengan Film Titanic, dimana dalam film tersebut sebuah kapal besar yang karam setelah menabrak gunung es. Kalau dilihat dari Film Titanic kapal Titanic tenggelam menurut Saya selain faktor alam juga ada faktor kesombongan dari para penumpang maupun dari para kru. Para penumpang dengan gaya sombong seoalah kapal pesiar termewah pada waktu itu tidak akan bisa tenggelam. Mereka memuja Kapal Titanic sebagai sebuah karya fenomenal manusia pada waktu itu melebihi dari yang lain.Jangan-jangan para penumpang Kapal Concordis juga sama yaitu selain faktor alam ada faktor lain yang menyebabkan kapal terbalik yaitu merasa sombong.
Proses evakuasi penumpang kapal
Tak ada yang abadi di dunia ini, segala sesuatunya bisa saja terjadi. Apalagi pada hal ciptaan manusia. Manusia seolah menyombongkan diri dan lupa bahwa di atas kekuatan mereka masih ada yang memiliki kekuatan yang besar yaitu kekuatan Tuhan yang yang tidak bisa dilawan. Manusia hanya bisa pasrah namun juga harus terus berudaha. Yang menentukan segalanya hanya kekuatan yang kita tiada daya untuk melawannya. Sebaik apapun ciptaan manusia pasti akan hancur, tetapi kebanyakan orang jika sudah merasa hebat selalu berpikir bahwa tidak ada kekuatan yang bisa untuk menandinginya.

sumber foto dari facebook.com

Rabu, 18 Januari 2012

Membersihkan Pulau Dari Kotoran Kuda


Andong/dokar/kereta atau yang lainnya telah menjadi alat transportasi bagi bagi rakyat Indonesia. Kendaraan tersebut anyak digunakan didaerah pedesaan atau perkotaan. Walaupun sekarang ini sudah banyak warga masyarakat yang telah memilliki kendaraan bermotor namun masih banyak juga warga masyarakat yang menggunakan andong untuk keperluan transportasinya, terutama untuk masyarakat kelas menengah kebawah. Selain karena faktor hubungan sosial dengan kusir dokar, penumpang memilih angkutan tersebut juga karena harga angkutan tersebut bisa ditawar, atau jika sudah berlangganan biaya bisa dibayar lain waktu.

Sudah menjadi fakta bahwa di kota-kota di Indonesia baik besar atau kecil angkutan tradisional ini menjamur. Sudah banyak masyarakat terbantu dengan angkutan tersebut. Kendaraan tersebut telah menjadi ciri kendaraan tradisioanal Indonesia. Sehingga kelestariannya pun perlu dipertahankan.

Tak terkecuali di Mataram Pulau Lombok, Pulau yang terkenal karena pariwisatanya itu terdapat alat angkutan yang bernama cidomo (cikar dokar motor). Bentuknya hampir sama dengan dokar kebanyakan di Pulau Jawa, namun berbeda di bagian roda. JIka roda dokar kebanyakan menggunakan roda yang terbuat dari kayu, sedang cidomo rodanya terbuat dari roda mobil. Cidomo di Pulau Lombok kurang terurus dengan baik. Populasinya yang banyak, dijalanan sering mengganggu  kendaraan jenis lainnya. Apalagi sebagian besar cidomo tanpa dilengkapi dengan penadah kotoran kuda. Sehingga jalan-jalan di Kota Mataram dan sekitarnya banyak di kotori oleh kotoran kuda dari cidomo tersebut.

Lombok merupakan tujuan wisata penting di Indonesia. Tahun 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok mencapai 886.880 orang (Disbudpar NTB). Letak Lombok yang tidak jauh dari Pulau Bali akan memungkinkan jumlah wisatawan ditahun-tahun yang akan datang akan bertambah banyak. Kebanyakan wisatawan yang berada di Pulau Lombok mengunjungi juga Kota Mataram karena faktor akomodasi dan sebagainya. Untuk itu Kota Mataram perlu untuk menata diri guna bersiap menyambut wisatawan. Apalagi banyak juga wisatawan yang berlibur di Bali kemudian mengunjungi Lombok. Dengan adanya lingkungan yang kotor untuk wisata bisa jadi para wisatawan tersebut hanya berkunjung satu kali saja tanpa ada perasaan penasawan ingin kembali ke Lombok.

Cidomo sudah menjadi bagian dari masyarakat Mataram dan sekitarnya. Angkutan tersebut banyak digunakan terutama oleh para ibu-ibu untuk pergi kepasar. Populasinya yang banyak sering mengakibatkan masalah yakni jalan-jalan di Kota Mataram menjadi tercemar karena kotoran kuda tersebut. Dampaknya yaitu pada saat kotoran hewan kuda masih bawah maka secara tidak langsung jika terkena mobil atau kendaraan lain kotoran tersebut akan mengotori kendaraan yang menginjaknya, tentu saja hal tersebut berarti telah memindahkan kotoran ke tempat lain melalui peranrara kendaraan. Dan tentu saja kotoran yang masih basah tersebut merupakan sarang untuk Clostridium tetani  sebagai penyebab penyakit tetanus. Kotoran yang masih basah juga menimbulkan bau yang tidak sedap untuk hidung dan akan mengganggu kesehatan.Bukan hanya dari kotoran yang masih basah saja tetapi kotoran kuda yang sudah kering juga menimbulkan masalah yang tidak kalah seriusnya. jika kotoran kering dan terkena angin maka kotoran tersebut akan gabung bersama debu terbang ke hidung dan ke permukiman warga. Hal ini akan menjadi pengganggu untuk kesehatan masyarakat ada berbagai macam penyakit yang akan ditimbulkan oleh hal tersebut antara lain yang berkaitan dengan saluran pernafasan dan juga penyakit ke mata dan kulit karena debu yang mengandung bibit penyakit tersebut.

Langkah untuk mengatasi berbagai masalah diatas yakni dengan memasang penada kotoran hewan di bagian belakan kuda. Dengan hal tersebut diharapkan akan mampu untuk mengurangi jumlah kotoran hewan yang beredar di kota khususnya Kota Mataram. Sehingga hasil akhir yaitu sebuah kota yang nyaman untuk ditinggali.
Gambar : Contoh cidomo yang menggunakan penadah kotoran kuda. (Gambar koleksi pribadi )


Diharapkan dengan langkah kecil dengan banyak manfaat tersebut minimal dapat membuat warga kota menjadi nyaman dan para wisatawan  yang datang ke Pulau Lombok lebih betah tinggal lama lagi di pulau tersebut. Dengan kebersihan jalan-jalan di Lombok dari kotoran kuda merupakan langkah kecil untuk merubah hal yang lebih besar. Yakni kesehatan warga baik dan sektor pariwisata akan berkembang . Berkembangnya sektor pariwisata akan ikut meningkatkan pendapatan warga Lombok. Dan dengan kesehatan warga yang baik akan meningkatkan sumberdaya manusia warga Lombok. Apalagi NTB merupakan Provinsi di Indonesia yang indeks pembangunan manusianya terendah di Indonesia, salah satu peningkatan indeks tersebut berasal dari sektor kesehatan.

Langkah-Langkah Nyata Untuk Mengatasi Masalah Diatas


1. Dengan melakukan sosiali sasi kepada pada pemilik kendaraan Cidomo akan pentingnya melakukan pemasangan wadah kotoran kuda.
2. Memberikan dan melakukan pemasangan wadah kotoran kuda gratis ke semua cidomo

Raket Putus

Berolahraga menurut Saya begitu menyenangkan. Selain membuat segar fisik dengan olah raga juga membuat jiwa dan pikiran menjadi relaks. Karena pada saat olah raga pasti akan diselingi dengan canda tawa dengan orang-orang yang ada di lapangan. Dan juga dengan olahraga akan terjalin silaturahmi dengan orang-orang yang sudah kita kenal atau dengan orang-orang baru.

Ngomong-ngomong olah raga ada olah raga yang beberapa bulan ini Saya tekuni yaitu badminton. Selain membutuhkan kekuatan fisik yang prima bermain badminton membutuhakan strategi yang baik, terutama jika lawan kita memiliki skil yang sama atau lebih .

Tapi untuk bermain badminton tidak free, ada sedikit pengorbanan untuk mengeluarkan uang. Entah itu untuk raket, lapangan, dan yang jelas untuk shuttlecoks . Kata orang Amerika "tidak ada makan siang yang gratis".


Ngomong soal raket awet tidaknya ditentukan dengan tindakan kita saat menggunakannya. Mungkin Saya belum terlatih memegang raket sehingga raket Saya sudah sering rusak, entah karena putus senar atau blenkernya patah itu sudah menjadi kebiasaan bagi saya. Padahal juga waktu pakainya belum lama yakni sekitar 3 bulan.

Raket Badminton

Ini mungkin pesan buat Saya untuk lebih berhati-hati dalam berolahraga agar lebih effisien dalam bermain.

Kamis, 12 Januari 2012

Jadwal Sholat

Jadwal Sholat Untuk

Sumatera
Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam
Medan, Sumatera Utara
Padang, Sumatera Barat
Pekanbaru, Riau
Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jambi, Jambi
Palembang, Sumatera Selatan
Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
Bengkulu, Bengkulu
Bandar Lampung, Lampung
Jawa
Serang, Banten
Jakarta, DKI Jakarta Raya
Bandung, Jawa Barat
Semarang, Jawa Tengah
Yogyakarta, DI Yogyakarta
Surabaya, Jawa Timur
Nusa Tenggara
Denpasar, Bali
Mataram, Nusa Tenggara Barat
Kupang, Nusa Tenggara Timur
Kalimantan
Pontianak, Kalimantan Barat
Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Banjarmasin, Kalimanan Selatan
Samarinda, Kalimantan Timur


Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo