Tak Semua Pendidikan di Amerika Bermutu, Mark-Zuckerberg Sumbang $100 jt

Untuk saat ini USA atau Amerika Serikat dikenal sebagai pusat peradaban dunia. Jangan coba untuk membandingkan kemajuan peradaban di USA dengan negara-negara lain karena memang untuk saat ini USA lah jagonya.

Penilaian ini adalah penilaian berdasarkan kekayaan material. Sudah menjadi hukum alam pada saat suatu negara memiliki kemampuan finansial yang besar maka besar pula kemungkinannya untuk menjalar ke bidang-bidang yang lain, termasuk pendidikan. Pendidikan di Amerika di sokong oleh dana yang besar sehingga orang-orang Amerika mampu untuk ber-inovasi dengan sistem pendidikannya.
Terutama untuk bidang pendidikan tinggi, universitas-universitas di Amerika mendominasi  top universitas dunia seperti pada gambar tabel berikut:




Walaupun sebagai rajanya dunia pendidikan dunia, bukan mustahil di USA masih memiliki masalah dengan dunia pendidikannya. Salah satu orang yang mampu melihat kebobrokan pendidikan di USA yaitu Mark-Zuckerberg. CEO FB itu memberikan bantuan untuk sedikit mengurangi beban pendidikan di USA. Seperti yang ditulis dalam catatan pribadinya,seperti yang telah diterjemahkan berikut ini :
"Pendidikan selalu penting bagi saya dan keluarga saya. Tumbuh, orang tua saya menekankan pentingnya belajar dan demi keberhasilan akademis. Mereka berdua bekerja untuk memastikan saya tiga  dan saudara  saya semua bisa pergi ke perguruan tinggi yang baik. Nenek saya adalah seorang guru, dan ketika pacar saya lulus dari kuliah dia menjadi guru juga.
Saya merasa sangat beruntung karena untuk saya sudah diberikan kesempatan  mendapatkan pendidikan , termasuk kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang berbakat dan membangun sebuah perusahaan besar pada usia muda. Daripada menunggu sampai di hari tua untuk berbuat , aku telah menghabiskan beberapa  tahun terakhir ini untuk  meneliti dan mencari cara yang paling berdampak untuk meningkatkan pendidikan yang dimulai dari Amerika.
Ada berbagai tantangan yang dihadapi semua pendidikan. Mengajar perlu lebih dihargai dan dihormati sebagai karier. Sekolah kabupaten perlu lebih otonomi dan kepemimpinan lebih jelas sehingga sekolah-sekolah didaerah dapat dikelola lebih mandiri tidak seperti birokrasi pemerintahan. Dan di luar kelas, kita perlu untuk mendukung kepentingan siswa, memberikan lingkungan yang aman untuk tumbuh, dan membuat semua orang sehat.
Banyak orang yang bekerja pada pemecahan satu bagian dari masalah secara luas di seluruh negeri. Namun baru-baru ini, sedikit pemimpin yang mendapatkan hasil yang signifikan dengan mengambil lebih dari pendekatan startup dan bergerak cepat untuk melakukan semua hal pada waktu yang sama hanya dalam satu kota. Jika mereka dapat membuktikan bahwa hal itu merupakan tindakan yang tepat di beberapa daerah perkotaan miskin di negeri ini, maka  akan menghasilkan momentum cukup untuk mengambil pendekatan yang sama dan meningkatkan pendidikan di mana-mana.
Seperti startup apapun, kunci untuk membuat pekerjaan ini adalah menemukan pemimpin besar dan pasar yang tepat yang siap untuk perubahan. Setelah banyak penelitian, saya memutuskan untuk menaruh dukungan balik penuh saya pada Newark Cory Booker Walikota dan Gubernur New Jersey  untuk membantu upaya   mereformasi sekolah di Newark.
Sayangnya Newark menjadi simbol  pendidikan publik yang gagal-dari status quo yang menerima sekolah-sekolah yang tidak berhasil. Pada tahun 2009, hanya 40 persen dari anak-anak bisa membaca dan menulis di tingkat akhir kelas tiga, hanya 54 persen siswa SMA lulus dan hanya 38 persen yang terdaftar dalam perguruan tinggi.
Pergi ke sekolah dengan jendela tertutup papan dan pecahan kaca tidak harus menjadi bagian dari pengalaman pendidikan kita. ketakutan terbesar seorang anak di sekolah  terjadi saat mereka melaksanakan ujian, bukan senjata atau anak duduk di samping mereka.
Selama beberapa bulan terakhir, saya telah belajar banyak tentang tantangan-tantangan dari Cory Booker dan Chris Christie. Masing-masing dari sang pemimpin ini siap untuk membuat komitmen yang berani untuk menantang status quo dan membuat Newark sebagai simbol reformasi pendidikan. komitmen pribadi mereka dan kesediaan mereka secara politik untuk memotong melalui   birokrasi untuk berkolaborasi-membujuk saya untuk mendukung mereka dan membuat komitmen sendiri.
Sebagai langkah awal, Gubernur telah resmi resmi memberikan wewenang kepada Walikota Booker untuk bekerja dengan masyarakat lokal untuk mengembangkan dan menerapkan rencana pendidikan yang komprehensif untuk Newark Public School District, berdasarkan standar yang jelas dan metrik pencapaian pada  keunggulan dalam pengajaran, kepemimpinan sekolah dan prestasi siswa. Rencananya akan dilakukan di bawah kepemimpinan Walikota, melalui pengawas baru dipilih bersama oleh Gubernur dan Walikota. Komitmen ini-seorang gubernur Republik memberikan kepercayaan baru ke walikota yang berasal dari  Demokrat-hal itu menunjukan bahwa tantangan tersebut bukan masalah partisan atau politik. Itu sangat penting bagi saya (Mark Zuckerburk). Fokus saya bukan pada politik, tetapi itu  pada peningkatan pendidikan.
Walikota Booker telah berkomitmen untuk menjadikan pendidikan prioritas satu yang tertinggi untuk istilah saat ini di kantor. Dia akan memberikan pengawasan yang sama terhadap pendidikan dalam empat tahun ke depan bahwa ia telah dalam usahanya untuk mengurangi kejahatan di Newark selama masa pertamanya. Walikota akan bekerja sama dengan warga Newark untuk membentuk komunitas baru metrik untuk mengukur kinerja siswa, guru dan kepala sekolah. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah komunitas yang memberikan pengakuan yang lebih besar dan manfaat untuk keunggulan.
Saya percaya pada Walikota dan visinya, dan itu sebabnya aku ingin membantu mereka berhasil. Menggunakan saham Facebook saya sendiri, saya menciptakan Startup: Yayasan Pendidikan dengan lebih dari $ 100 juta untuk berinvestasi dalam mendidik dan meningkatkan kehidupan orang-orang muda. Saya juga menantang orang lain yang ingin meningkatkan pendidikan di Amerika untuk mencocokkan kontribusi saya.
Aku senang untuk memulai proyek baru ini. Saya sangat beruntung memiliki pendidikan dan kesempatan yang aku miliki dalam hidup saya dan saya melihat forwarding untuk berpartisipasi dalam memberikan 40.000 siswa di Newark kesempatan yang sama. Bersama, kita dapat mendukung program berani dan bijaksana untuk meningkatkan pendidikan, mulai dengan membuat Newark simbol keunggulan...."


Dengan mencontoh Amerika hal pendidikan di Indonesia sudah seharusnya sekarang menjadi perhatian bersama antara masyarakat dan pemerintah, bukan menjadi masalah per sektor saja.

Komentar