Senin, 28 Desember 2009

BENTUK-BENTUK DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN

BENTUK-BENTUK DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN1

Perubahan iklim yang disebabkan oleh rumah kaca

Iklim berkaitan dengan kondisi dari suatu lingkungan terutama lingkungan udara. Dengan hilangnyaa kondisi keseimbangan akubat pencemaran udara maka akibat yang ditimbulakan dari ketidak seimbangan terebut yaitu iklim di bumi yang tidak menentu. Sekarang kita bisa merasakan misalnya dari hujan yang tidak teratur dimana ada suatu bagian bumi mengalami banjir bandang namun dibagian bumi yang lain kekeringan melanda. Hujan tidak lagi bisa ditentukan tanggal dan waktunya. Kadang orang pernah bilang sudah waktunya musim hujan tapi tidak kunjung datang. Sekarang petani pun tidak bisa menggunakan kearifan local untuk menentukan waktu tanam jenis tanaman. Petani sekarang lebih bergantung pada petugas penyuluh pertanian untuk menentukan jenis tanaman dan waktu tanam yang tepat. Mereka tidak lagi mandiri untuk bisa mengerjakan pekerjaan pertanian tersebut. Badai juga semakin banyak dan kekuatannya makin dahsyat baik itu yang berada di darat maupun badai yang berada dilautan. Semua ketidak seimbangan diatas sangat mempengaruhi sekali kehidupan manusia, mungkin perubahan tersebut lebih banyak mudharatnya daripada untungnya.

Penipisan ozon stratosporik

Lapisan ozon merupakan tameng untuk umat manusia dari bahaya luar angkasa. Bisa dibayangkan jika lapisan ozon tersebut tidak ada maka segala benda langit akan mudah sekali masuk ke bumi, bisa dikatakan seperti manusia yang diserang oleh mahluk luar angkasa dan keselamatan manusia menjadi terancam. Karena keberadaan lapisan ozon tersebut manusia menjadi nyaman untuk tinggal di bumi. Makanya untuk tetap nyaman ditinggali, syarat mutlak yang harus ditempuh adalah menjaga lapisan ozon agar tidak rusak. Lapisan ozon rusak oleh beberapa hal berikut. Diantaranya yaitu berasan dari gas CO2 yang diproses melalui pembakaran. Gas Co2 tersebut diataranya dihasilkan oleh pembakaran hutan, penggunaan energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara yang penrapannya misalnya pada pembakaran pada produksi babrik, kendaraan bermotor dan sebagainya.

Akibat yang bisa dirasakan dari menipisnya lapisan ozon diantaranya yaitu penyakit yang semakin banyak jumlahnya seperti kanker kulit, malaria, dll, maupun suhu yang kita rasakan semakin hari semakin panas. Dan yang tidak kalah ngerinya yaitu mencairnya lapisan es kutub baik di Artik maupun Antartika. Dengan mencairnya es dikutub bumi tersebut mengakibatkan permukaan air laut semakin tinggi dan hal ini akan menjadikan sebagian pulau kecil menjadi sejarah.

Degradasi dan hilangnya tanah pertanian yang baik

Tanah merupakan karunia berharga yang diberikan tuhan kepada manusia. Dan lebih-lebih untuk petani, tanah sebagai sebuah darah kedua yang memberikan nyawa untuk mempertahankan hidup. Bisa dibayangkan jika tanah yang dimiliki oleh petani menjadi tidak subur karena hal tertentu. Dan ini akan menjadi bencana yang luar biasa bagi umat manusia pada umumnya karena jumlah produksi pertanian yang di konsumsi menjadi berkurang.

Hal inilah sebuah masalah dari hilangnya kondisi kesuburan tanah. Ada banyak hal yang menyebabkan hilangnya kondisi tanah yang baik. Salah satunya adalah penggunaan pupuk non oraganik yang berlebihan. Sekilas memang penggunaan pupuk non organic mampu untuk meningkatkan produksi pertanian, tetapi bahaya yang luar biasa adalah ketergantungan tanah kepada pupuk non organic setelah penggunaan yang berlebihan. Dimana tanah tidak mampu untuk menyuburkan tanaman dengan sendirinya. Perlu bantuan dari pupuk non organic untuk menyuburkan dan seterusnya hal tersebut akan terulang setelah pemakaian pupuk non organic tersebut.

Perlu langkah-langkah yang bijak untuk mengatasi itu semua salah satunya yaitu back to nature dengan menggunakan pupuk organic untuk menyuburkan tanaman. Banyak manfaat yang didapat dari pupuk organic disbanding dengan pupuk non organic. Salah satunya yaitu kesehatan tubuh tetap terjaga. Karena pupuk organic merupakan pupuk alami yang tidak mengandung bahan kimia sehingga hasil pertanian yang dipanen oleh petani yang ditanam secara organic aman untuk tubuh yang mengkonsumsinya dan di jamin lebih sehat ketimbang orang yang memakan makanan dari hasil pertanian non organic.

Degradasi dan penebangan hutan

Hutan merupakan paru-paru dunia, dan paru-paru dunia merupakan nyawa dari umat manusia yang tinggal didalammnya. Oleh karena itu agar kita tetap bernafas kita harus menjaga hutan agar tetap lestari. Namun semakin banyak nya penebangan hutan secara illegal jaminan untuk udara yang bersih semakin sulit untuk dipenuhi. Fungsi hutan juga bukan hanya sebagai penyedia oksigen tetapi lebih banyak lagi fungsi yang lain diantaranya yaitu untuk kelestarian plasma nutfah akan terancam keberadaannya.

Dengan menipisnya populasi hutan akan mempengaruhi ekosistem di bumi. Oleh karena itu sudah sewajarnya kita mulai dari sekarang bersama-sama menjaga hutan dari berbagai macam kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi.

Penipisan dan polusi suplai air segar/bersih

Air bersih merupakan kebutuhan dari setiap mahluk hidup. Pada manusia saja prosentase air mencapai 70 persen dari total bagian tubuh. Sehingga kebutuhan akan air bersih merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi untuk hidup. Seiring dengan berjalannya waktu tidak semua manusia mampu untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih. Dengan berbagai factor ada beberapa yang mengakibatkan air ini menjadi bekurang diantaranya yaitu perubahan iklim yang menyebabkan ada suatu daerah yang jarang mendapatkan hujan, penggunaan sumur bor yang berlebihan, pencemran sungai, maupun penggunaan air untuk komersialisasi.

Penipisan sumber daya perikanan

Industri yang semakin berkembang yang tidak hanya di Negara maju saja tetapi sekarang industri telah menular kenegara-negara bekembang dimana penggunaan bahan kimia yang berlebihan dari hasil industri terebut menyebabkan lingkungan menjadi tercemar dalam hal ini laut juga ikut menjadi salah satu tempat untuk pembuangan bahan-bahan kimia yang berbahaya terebut.

Dengan banyaknya bahan kimia berbahaya terutama yang terbuang kelaut menyebabkan laut menjadi rusak dan biota laut didalamnya termasuk jenis ikan menjadi sedikit jumlahnya. Dengan sedikitnya jumlah ikan tersebut mengancam gizi yang dikonsumsi masyarakat menjadi berkurang terutama yang berasal dari ikan. Orang yang mancin sekarang sulit untuk mendapatkan ikan yang banyak terutama didaerah Jakarta maupun daerah daerah industri yang lainnya karena pencemaran tersebut.

1 Klasifikasinya berdasar tulisan Homer-Dixon, 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo