Jumat, 02 Maret 2012

Bingung dan Semua Pasti Bingung, Jangan Takut Dengan Kebingungan


Bingung adalah sebuah penyakit global yang menyerang semua manusia. Ia tidak mengenal batasan umur, jender, agama, ras, suku bangsa dan berbagai macam kategori lainnya. Bingun bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Kita pun ditakdirkan  untuk menerima kebingungan sebagai sesuatu yang manusiawi. Presiden bingung, petani bingun, dokter bingung, guru bingung, siswa bingung, bos bingung, anak buah bingung, kiyai bingung, santri bingung, sosen bingung, mahasiswa bingung dan semua pa   sti bingung dan yang Aku harapkan mudah-mudahan pada saat membaca tulisan ini Anda tidak bingung .....hehehe.

SBY adalah seorang Presiden yang terlihat banyak memiliki masalah. Kita pernah mendengarkan pemberitaan dari berbagai media mengenai bingungya presiden RI misalnya mengenai kasus yang menimpa Anggota Partai Demokrat. SBY bingung dan frustasi karena kasus tersebut telah menimbulkan citra yang buruk bagi Partai Demokrat. Belum lagi kasus yang lain seperti kasus Century, kasus Mesuji, kasus Bima, bingung saat memilih ketua KPK bahkan bingung saat mau membeli pesawat terbang kepresidenan.

Jika kita mencari kata SBY bingung di Google maka akan ada jutaan kata yang bisa kita temukan didalam internet
Petani Indonesia merupakan petani yang mayorita adalah petani padi. Kalau bingungnya petani biasanya berkaitan dengan harapan dalam dunia pertanian yang tidak sesuai dengan kenyataanya, misalnya harga gabah rendah, harga pupuk naik, panen gagal, hama wereng menyerang, tikus memakan bulir padi, hujan deras menyebabkan banjir, kemarau panjang musim tanam tertunda, kurangnya tenaga pertanian, bantuan pemerintah untuk menanam sedikit, banyaknya jeruk impor masuk kedalam negeri, penolakan ekspor wortel, sapi yang memakan sayuran, dan banyak yang lainnya.

Pencarian menggunakan kata petani bingung menghasilkan sekitar 2 juta hasil

Dokter merupakan profesi yang memiliki tingkat kerahasiann tinggi (tertutup). Tidak banyak dokter yang mampu untuk menjelaskan secara banyak mengenai suatu fenomena penyakit kepada seorang pasien, apalagi mengenai mengapa dokter cenderung untuk merekomendasikan obat tertentu kepada seorang pasien . Dalam berhubungan dengan pasien seorang dokter pun tidak luput dari rasa bingung. Kalau mereka bingung umumnya saat mereka sulit menemukan penyakit pasiennya, atau bertindak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Bingungnya seorang dokter sulit untuk diungkapkan karena profesi dokter cenderung tertutup dan tidak semua orang boleh tahu. Meskipun yang katanya jaman sekarang adalah jaman keterbukaan tapi profesi dokter belum sepenuhnya terbuka. Mungkin ada alasan tertentu yang menjelaskan mengepa profesi dokter merupakan profesi yang tertutup. Entahlah...
Pencarian kata pada mesin pencari menggunakan kata "dokter bingung" menghasilkan sekitar 7 juta temuan
Guru merupakan profesi fungsional yang bertujuan untuk membentuk karakter anak didik menjadi lebih baik. Guru ditintunt untuk menjadikan anak didiknya menjadi orang yang berguna dan bermanfaa. Tak jarang dalam proses pembentukan karakter seorang murid tadi ada banyak sekali kendala yang dihadapi. Misalnya gaji tenaga honorer yang tidak dibayar, anak didiknya berkelahi,


Dan masih banyak yang lain yang bingung seperti siswa , bos, anak buah , kiyai, santri, doseng, mahasiswa. Yang terpenting dalam keadaan bingung yaitu interospeksi diri. Jika seseorang sudah mampu melakukan interospeksi diri atas masalah yang dihadapi Insya Allah seseorang akan mampu berpikir secara jernih kepada masalah yang ada. Untuk melakukan interospeksi memang tidak mudah. Tidak seperti membalikan telapak tangan. Membutuhkan pengalaman yang baik agar seseorang mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapinya.

Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bingung. Tidak berarti bingung itu menyingkirkan kita dari dunia kita hidup. Tetapi kebingungan lah yang membuat kita tetap hidup. Cause life can life from comfusion . Bayangkan jika dokter tidak bingung, guru tidak bingung, presiden tidak binung, bos tidak bingung, anak buah tidak bingung, mahasiswa tidak bingung, pilot tidak binung, petani tidak bingung, nelayan tidak binung, orang tua tidak bingung, penjahat tidak bingung, pemabuk tidak bingung dan sebagainya.

Pastinya mereka akan hidup dalam keadaan datar atau monoton, tindak ada inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan tidak ada tantangan sama sekali. Untuk bisa menikmati hidup agar lebih hidup setidaknya dilakukan tindakan yang mengandung resiko, meskipun resiko tersebut akan mengancam kemapanan kita. Tetapi dengan resiko tersebut kita akan menjadi individu yang mampu untuk mengembangkan diri Kita maupun orang lain yang ada disekitar Kita.

Orang normal adalah orang yang merasa bingung dengan hal yang ada disekitarnya. Karena penyimpangan merupakan sesuatu hal yang wajar terjadi diatas dunia setiap hari. Jika anda merasa normal Anda pasti akan merasa bingung. Orang tidak akan normal jika rasa kebinungannya sudah hilang dari segenap pikiran dan jiwanya. Mungkin Kita harus belajar dari kebingungan itu sendiri agar Kita tidak bingung.

Orang yang tidak mau bingung cenderung melakukan tindakan yang serba instant. Proses merupakan bagian yang dianggap hanya membuang waktu saja. Karena orang yang demikian hanya berorientasi pada hasil. Sehingga apapun itu hasilnya orang yang memiliki sifat instan akan menghalalkan segala cara untuk bertindak.

Masalahnya adalah banyak orang yang bingung tetapi tidak menerima dengan baik keadaan saat bingung tersebut. Lari seribu langkah merupakan jalan yang terbaik bagi orang yang dilanda kebingungan. Karena mereka tidak tahu tentang apa yang dibingungkan. Sesungguhnya bingung itu merupakan awal dari sebuah inovasi, jika bingungnya tersebut dimiliki oleh orang-orang yang kreatif dan inovatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

No Porn, Racism, Sadism